Masakan tradisional khas sulawesi tenggara terpopuler

Makanan khas sulawesi, dari berbagai macam daerah sulawesi sulawesi tenggara memiliki cirikhas tertentu dalam membuat makanan. Dibawah ini adalah berbagai macam model makanan yang disajikan ala tradisional yang khas. Di sulawesi tenggara terdapat sangat banyak makanan minuman maupun jajanan. Anda dapat berkunjung ke daerah penuh dengan dunia tradisional ini.

Bukan hanya masakan dari jawa saja yang memiliki popularitas di daerah lain. masakan khas sulawesi tenggara juga mempunyai beberapa masakan yang memiliki popularitas. Termasuk masakan yang akan saya jelaskan secara detail dibawah. bisa saja masakan khas sulawesi tenggara menjadi makanan faforit anda untuk keluarga.

Imkuliner akan menjelaskan beberapa masakan khas sulawesei tenggara yang mempunyai citarasa yang khas dan memiliki popularitas yang cukup luas tersebar. Anda bisa mencicipi dengan langsung berkunjung ke resto atau warung di lokasi sulawesi tenggara. Atau anda bisa mencicipi maskan khas dibawah dengan mencari penjual di daerah anda.

Sate gogos pokea sulawesi tenggara

Berbeda dengan sate sate yang ada di daerah kalian. Sate khas daru daerah sulawesi tenggara ini memiliki citarasa yang khusus. Jadi anda tentunya sangat sulit menemui olahan tradisional yang disajikan hanya di sulawesi saja. Sate gogos ini biasanya disajikan degan nasi hangat.
makanan-Sate gogos pokea-imkuliner
makanan-Sate gogos pokea-imkuliner
Bahan dasar dari sate gogos khas sulawesi tenggara ini tebuat dari kerang. Setelah kerang di bersihkan kemudian kerang tersebuat akan direbus setengah matang. Proses perebusan selesai, kemudian kerang akan di tusuk di batang bambu yang berukuran panjang sekitar 15 cm. Kemudian akan disiram dengan bumbu sate kerang yang khas tradisional sulawesi tenggara. Anda dapat mencicipi masakan yang satu ini hanya ada di daerah sulawesi saja. Harganya cukup murah kok. Berkisar Rp. 5.000,00 sampai Rp. 15.000,00 perbungkus.

Kabuto

Masakan khas sulawesi tenggara yang satu ini memang sedikit asing di dengar. Mungkin anda tidak akan bisa menemuinya selain di daerah sulawesi sendiri. Kabuto merupakan makanan adat sulawesi, yakni adat daerah muna. Sebuah makanan yang tak terlihat istimewa, tapi jangan salah soal rasa.
makanan-Kabuto-imkuliner
makanan-Kabuto-imkuliner
Bahan dasar dari makanan kabuto adalah tebuat dari ubi pohon yang dibiarkan sampai menjamur. Proses inilah yang membuat makanan ini semakin enak di makanan. Semakin lama proses penjamuran maka akan semakin enak rasa dari makanan ini. setelah proses penjamuran selesai kemudian kabuto akan di tambahkan kelapa parut di atas makanan. Cukup bisa anda temui di daerah sulawesi tenggara saja. Harga dari makanan kabuto berkisar Rp. 5.000,00 sampai Rp. 10.000,00 perporsi.

Kasoami

Banyak orang sulawesi menyukai makanan yang satu ini. memang terlihat sedikit lucu dan tidak menarik. Rasa yang di ciptakan tidak begitjuag menarik. Tidak tau apa istimewa dari masakan yang satu ini. mereka para orang sulawesi biasanya memakan makanan kasoami disiang hari (makan siang).
Kasoami-imkuliner
Kasoami-imkuliner
Bahan dasar dari makanan ini terbuat dari ubi-ubian. Biasanya mereka memakannya dengan ikan asin kering yang digoreng. Ada juga yang menikmatinya dengan mengguankan ikan bakar. Sebuah makanan yang khas dan pastinya berbau tradisional ini bisa anda nikmati di pulau sulawesi saja. Ada sangat banyak terdapat di daerah buton dan wakatobi sulawesi tenggara.

Sinonggi bubur sagu

Sudah sangat populer dengan nama makanan bubur sagu. Sebuah bubur yang terbuat dari sari sagu. Berbeda dengan macam bubur sagu lain yang teradapat di indonesia. bubur sagu yang satu ini merupakan bubur yang khas tradisional daerah sulawesi teggara itu sendiri.
makanan-sinonggi-imkuliner
makanan-sinonggi-imkuliner
Bahan dasar dari bubur sagu ini terbuat dari tepung saggu yang diolah menjadi bubur. Proses pembuatan tepung sagu cukup memakan waktu yang cukup lama. Ada bisa mencicipi makanan yang satu ini hanya da di daerah sulawesi tenggara saja. Harga dari makanan ini cukup murah, berkisar Rp. 15.000,00 sampai Rp. 25.0000,00 perporsi atau bungkus.
Baca juga : Masakan khas tradisional sulawesi selatan Terpopuler
Penutup:
Makanan khas sulawesi tenggara, ada sangat abanyak makanan yang disajikan dari tempat ini. termasuk makana di atas. Kita warga indonesia diwajibkan untuk menjaga budaya yang terdapat pada daerah masing masing. Bukan hanya tarian musik atau lain, masakan juga merupkan budaya yang ditinggalkan oleh nenek leluhur. Jadi kita wajib untuk melestarikannya. Yuk, melestarikan budaya tradisional kuliner indonesia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masakan tradisional khas sulawesi tenggara terpopuler"

Post a Comment