Inilah Makanan khas maluku yang paling populer

Makanan khas maluku, hallo shobat imkuliner. Maluku, sebuah pulau yang kaya raya akan budaya. Maluku mempunyai cirikhas makanan yang tergolong unik. Biasanya orang ambon membuat masakan yang kaya akan rasa lezat dan berbau sedap. Seseorang dari luar provincy kemungkinan kenal dengan masakan tradisional maluku bisa dibilang satu atau dua saja.

Banyak orang bilang di daerah ambon ini memiliki cirikhas tradisional tertentu. Seperti halnya tradisional kuliner atau dalam bidang kesenia. Terdapat sangat banyak jenis-jenis makanan minuman mapun jajanan. Dari sekian banyak masakan ambon (maluku) saya akan merangkum dari makanan yang paling populer saja.

Kemungkianan besar makanan tradisional dari ambon hanya bisa anda dapatkan di daerah ambon sendiri. Di daerah provinsi maluku anda bisa bersenang seneng dari banyaknya wisata kuliner atau pun tempat wisata alam. Beragam jenis makanan yang paling populer di daerah ambon sebagai berikut.

Bubur sagu ubi

Sudah tidak asing lagi bagi kita (sagu). Sebuah makanan pokok pada daerah maluku atau papua. Bubur sagu dari maluku ini memiliki kombinasi dan cita rasa berbeda dengan bubur sagu lain. sangat banyak para penggemar bubur sagu mengincar makanan yang satu ini.
Bubur sagu ubi-imkuliner
Bubur sagu ubi-imkuliner
Dari nama makanan pastinya anda bisa memabyangkan apasaja yang ada pada masakan ini. yups, sagu dan ubi yang diolah sedemikian rupa berkombinasikan bumbu sedap siap anda santap. Pembuatan bermula dari gumpalan sagu yang direndam dalam air. Kemudian di beri sentuhan gula merah atua gula pasir yang dilarutkan (direbus). Setelah adonan selesai dibuat kemudian akan di beri kombinasi teakhir, yakni ubi rebus.

Ikan kua pala

Dari sekian banyak makanan yang ada di pulau maluku. Ikan kuah pala dari suku banda ini merupakan makanan yang mempunyai kelezatan tersendiri. Mempunyai citarasa tersendiri yang berpadu antara asam pedas segar. Makanan ini bisa dibilang sup bagi orang maluku.
Ikan kua pala-imkuliner
Ikan kua pala-imkuliner
Tradisional makanan ikan kua pala dari suku banda ini bisa anda nikmati ketika berlibur di maluku. Tepatnya anda langsung datang ke daerah asal dari makanan ini. ikan yang di gunakan dalam pembuatan makanan ini yaitu ikan kakap merah. Terkombinasi dari berbagai macam rempah rempah. Dan juaga tidak lupa parutan pepaya muda.setelah adonana siap disajikan sebelumnya tidak lupa di beri sentuhan sambal pedasnya.

Nasi lapola

Kalau nasi biasa sih udah biasa, berbeda dengan maskan tradisional nikmat khas maluku yang satu ini. Dengan proses pengolahan sedemikian rupa, nasi pola akan siap tempur menggoyah lidah anda. Dalam pengolahan masakan ini memerlukan sedikit keahlian khusu agar masakan tersaji dengan sempurna.
Nasi lapola-imkuliner
Nasi lapola-imkuliner
Bahan dasar dan inti proses pengolahan makanan nasi lapola yaitu dengan merebus nasi setangah matang. Eits, panas dari perebusan nasi ada ukuran tertentu. Agar nasi bisa setengah mengembang secara maksimal. Setelah nasi setengah matang di ambil kemudian nasi akan di campurkan dengan kacang polong. Pencapuran di beri sedikit kelapa lembut dan beberapa racikan bumbu rahasia lain. Setalah adonan selesai dibuat, kemudian akan memasuki tahap akhir yakni adonana akan di kukus beberapa menit.

Gatang kenari

Termasuk masakan promadona khas maluku. Gatang kenari adalah sebuah kuliner yang berbahan dasar dari kepiting jenis kenari. Makanan yang satu ini memilii popularitas yang cukup tinggih tepanya di daerah mauluku utara. Bumbu sedap rahasia akan dicampurkan rata dengan kepiting. Agar rasa dalam daging tercampur maksimal.
Gatang kenari-imkuliner
Gatang kenari-imkuliner
Kepiting kenari adalah kepiting liar yang tinggal di darat dan biasanya dia suka bergelut dengan buah kelapa. Semakin besar kepiting kenari maka semakin mahal dari harga yang dipatok. Makanan khas maluku yang satu ini mempunyai kandungan kolestrol yang sangat tinggi. Sehingga tidak di di anjurkan kepada anda para orang berbadan gemuk dan sebaliknya.

Baca juga kuliner menarik lain : 
Penutup :
Sebuah makanan khas dari negri ambon (maluku). Bisa anda rasakan kenikmatan tradisional kulinernya dengan senang hati. Kita bagi para warga indonesia diwajibkan untuk melestarikan budaya indonesia. bukan hanya budaya seni musik, seni tari atau lain. kuliner juga merupakan tradisional budaya yang perlu kita lestarikan.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Inilah Makanan khas maluku yang paling populer"

  1. Indonesia memang kaya dengan berbagai kuliner yang khas, salah satunya bubur sagu umi, ikan kua pala, yang dari maluku ini yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mas, Selagi ada banyak kuliner yang ada pada negri ini.

      kita sebagai warga indonesia diwajibkan untuk melestarikannya.
      termasuk dengan cara mencatat seperti post ini
      " Inilah Makanan khas maluku yang paling populer "

      Delete
  2. Wuih... Keren banget blognya Mbak, template baru yg ini ya...?

    Makasih udah dikasih daftar menu masakan khas Maluku. Setahu saya dr bbrp itu cm Ikan Kua Pala, itu pun dr Mr Bondan Mak Nyuz itu di acara TV.hha
    Maksih udah diberitahu daftar makanan khasnya...
    Salam kenal

    ReplyDelete