Daftar kuliner khas kota banyuwangi jawa timur

Sudah menjadi kuajiban kita sebagai anak bangsa untuk melestarikan budaya traditional. Banyuwangi, kota damai yang akan saya bahas makanan daerah super lezat. Indonesia memang terkenal dengan kaya akan ragam budaya. Bukan hanya kesenian tentang tarian dan lain lagi. masakan ala traditional juga merupakan budaya asli nusantara.


Perlu untuk anda ketahui macam dari masakan dan minuman maupun makanan ringan yang ada di pelosok indonesia. mencari tau asal dari daerah manakah makanan yang anda sukai. Tidak hanya makanan dari luar negeri yang mempunyai nilai tinggi. Indonesia juga mempunyai nilai masak lebih tinggi.

Banyuwangi tepanya di provincy jawa timur sebelah selatan. Sebuah kota tempat orang jawa akan melintas ke pulau dewata. Sebelum anda meneruskan perjalanan, mampir lah ke kota kami banyu wangi tercinta. Tempat wisata kuliner sangat banyak di kota kami. Silahakan pilih dan nikmati cita rasa yang akan siap tempur menggiur lidah.

Traditional sego cawuk 

Sego adalah bahasa jawa yang sering kita dengar. Dalam bahasa indonesia sego berartikan nasi. Dan cawuk itu sendiri adalah cara makan dari makanan ini. Cawuk dalam bahasa indonesia berartikan mencuduk dengan tangan. Jadi diwaktu anda memaknan Sego cawuk tepanya di daerah banyu wangi pastinya tidak akan disajikan dengan sendok atau garpu. Melinkan cara makan langsung dengan tangan anda sendiri.
Sego cawuk banyuwangi
Sego cawuk banyuwangi
Makanan nasi cawuk ini bercitarasa pada pedas sedikit segar. Olahan masakan khas bau yang membahana dalam hidung dapat anda rasakan. Berbahan dasar dari nasi putih dan di laburi dengan santan berwarna agak kuning. Kuah yang di buat dengan kelapa diparut dan dicampur dengan pewarnaan alami dengan kunir dan berbagai campuran lain.

Dapat banyak temui di sudut seluruh kota atau perdesaan kabupaten banyuwangi. Sering di disajikan didalam warung perdesaan dan juga sedikit ada pada restoran. Makan indonesia yang satu ini buakan hanya memiliki rasa yang unik tapi juga cara makan yang lebih unik.

Segarnya nasi pecel rawon

Sudah pasti anda ketahui apa itu pecel dan apa itu rawon. Sedikit lebih menyeleneh dan terasa lebih sangat unik. Nasi pecel dicampurkan dengan rawon hitam. Wui, pastinya anda sangat penasaran bagai mana cita rasa yang di hasilkan. Langsung aja datan ke kota banyuwangi untuk mencicipi masakan campur paduh ini.
nasi pecel rawon banyuwangi
nasi pecel rawon banyuwangi
Rasa yang di hasilkan sangatlah nikmat di dirasakan. Paduhan andatara kesegaran dan gurih yang dihasilkan oleh pecel. Memebuat anda akan semakin kerasan untuk memakannya. Seperti namanya pecel rawon berbahan dasar dari masakan pecel yang di tambahkan dengan kuah rawon hitam yang di buat dari olahan tagan rahasia nikmat.

Sebuah maknan unik ini dapat anda temui kebangayakan disajikan di warung pinggiran jalan. Anda dapat memesan masakan ini dengan harga yang terjangkau. Nasi pecel rawon Banyu wangi Sangatlah cocok untuk dimakan di siang hari.

Lebih unik dengan Rujak Soto

Rujak soto, memang sdikit kita merasa bingung. Adanya campuran yang lebih aneh lagi di bandingkan dengan makanan Pecel rawon. Anda pasti sudah mengenal apa itu makanan ringan rujak. Rujak terdiri dari buah buahan yang dipotong sedang dan ditaburi dengan bumbu terbuat berutama pada rasa pedas segar. Sedangkan soto sendiri adalah kuah dari makanan khas indonesia.
rjak soto banyuwangi
rjak soto banyuwangi
Bisa anda rasakan secara langsung di kota banyuwangi. Memang sedikit terlihat aneh tapi jangan salah ketika anda emncicipi baru tau rasa. Paduhan antara kombinasi dari segar pedas dan segar soto. Merupakan paduhan rasa yang sangat cocok lo.

Rujak soto dapat anda temui di daerah perdesaan kabupaten banyuwangi. Sering dijadikan santapan siang para orang desa. Pastinya anda penasan, datanglah saja kebanyuwangi dan cari tau bagaimana rasa yang dihasilkan dalam paduhan sempurna.

Ayam pedas Banyuwangi

Pedas, dari nama tersebut dapat disimpulkan bahwa makanan ini mengacu pada rasa pedas. Dan dari tampilan juga dapat disimpulkan bahwa makanan ini memiliki kesegaran yang luar biasa. Buat para penggemar masakan pedas saya merekomendasikan untuk tidak melewatkan yang ini.
Ayam pedas Banyuwangi
Ayam pedas Banyuwangi
Rasa pedas sedap ditambahkan aroma menyegarkan di hidung. Maknan in juga memeiliki rasa yang luar biasa berbeda dengan yang lain. Mengacu pada rasa pedas pastiny makanan ini berbahan dasar dari cabe dan ayam lembut.

Siap anda santap akapan pun dilokasi banyuwangi. Saya tidak merekomendasikan bagi anda yang tidak tawar akan rasa pedas dan panas. Karena makanan ini akan memutar putar perut anda dengan sentuhan rasa pedas yang dihasilkan.

Sop kesrut (sup kesrut)

Di banyuwangi makanan ini sudah terbulilang hampir punah. Banyak para orang perkotaan tidak mengenal dengan makanan ini. Apalagi anda dari luar kota pastinya sangat terdengar nama asing. Saya sendiri belum pernah mencoba yang satu ini. tapi pastinya sangat nikmat masakan banyu wangi ini.
sup kesrut banyuwangi
sup kesrut banyuwangi
Dari bahan yang sederhan dan disajikan super sederhana sedikit menarik perhatian mata. Tapi jangan meragukan dari tampilan dan bahan dasar. Makanan ini memiliki keunikan yang berbeda dengan makanan yang lain lain. Bergahan inti pada kaldu kental yang dihasilkan dari lulang ayam kampung.

Sop Kesrut dapat anda temui di beberapa warung desa kota banyuwangi. Saya sendiri sebenarnya ingin merasakan enaknya maknan khas indonesia yang hampir punah. Seakan ingin mencoba seluruh makanan yang tersedia termasuk dari kota banyuwangi.

Nah itulah beberapa makanan khas dari kota banyuwangi. Beberapa orang menilai makanan dar kota tersebut beracuh pada rasa pedas. Dan ada juga yang bilang beracuh pada rasa asam sedikit pedas. Tetapi itu anya pendapat seseorang jika anda ingin merasakan cita rasa yang sebenarnya. Hadirlah di kota banyuwangi dan cicipi makanan kuliner yang bikin anda pensaran.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daftar kuliner khas kota banyuwangi jawa timur"

Post a Comment