Macam model unik masakan khas daerah surabaya

Surabaya, sebuah daerah kota besar di provinsi jawa timur tepatnya di sebelah timur kota gresik. Sayak akan menyebutkan 5 makanan khas yang bikin kamu bakal krasan nangkring di surabaya. Makanan khas kota surabaya ini identik dengan paduhan antara sedikit pedas dan manis.


Merasakan makan khas daerah traditional ini tidaklah salah bagi kita. Malah, budaya yang wajib kita lestarikan bukan hanya tarian dan lain lagi. Kunliner nusantara juga termasuk khas budaya lo. Saya sendiri sangat suka dengan activitas kuliner.

Dari paduhan rasa yang khas, tidak diragukan bahwa masakan yang ada di indonesia bisa di akui jempol. Termasuk makanan yang ada di kota surabaya. Seilahkan anda ke surabaya untuk langsung mencicipi makan super lezat.

Berikut adalah makan khas nusantara yang bisa kamu coba :

Lontong balap (siap santap)

Sudah kenal dengan masakan ini, silahkan simak lebih lanjut. Makan dengan nama yang sedikit miring. Dengan tampilan yang bikin mata kamu semakin melotot dan akan lapar di perut. Dari nama saja makanan ini bisa anda tebak bahwa mempunyai tampilan yang amburadul.
Lontong balap surabaya
Lontong balap surabaya
Sajian tampilan masakan meliputi lontong dan tempe yang di potong kecil kecil. Kemudian di taburi dengan tauge dan dilabur dengan bumbu khas. Juga terdapat olesan kecap manis di bagian paling atas makanan ini.

Makanan lontong balap khas surabaya bisa anda temui di seluruh kota. Kemungkinan juga ada di kota kamu. Sebuah lontong yang bercampur bumbu sedap siap untuk bertempur di lidah anda ini akan membuat anda semkin ingin tambah.

Tahu Tek (super lezato)

Dari mana sudah pasti menyangka bahwa masakan ini berdasar dari tahu. Kalo cuma tahu doang ada banyak. coba anda rasakan makanan ini lebih detail. Bisa anda rasakan masakan tahu tek ini di kota seurabaya mudali dari pelosok kota sampai lokasi wisata di surabaya.
Tahu Tek surabaya
Tahu Tek surabaya
Saya sendiri merasa sedikit lebih suka tahu tek dibanding yang lainnya. Ada beberapa komposisi yang digunakan dalam pengolahan. Bebahan dasar seperti naman dan di tambah dengan kentang di potong kecil kecil. Dan di taburi dengan saus petis. Juga tidak lupa ada sebuah taburan tambahan seperti kerupuk dan udang digoreng sedikit kering.

MaKanan dengan sajian berpokok dari tahu ini bisa anda nikmati kapan pun dan dimana kota anda. cukup tersebar luas di seluruh indonesia termasuk juga kota kamu. Saya rasa khas cita rasa tahu ini bisa anda akui jempol dari pada masakan luarnegeri.

Sate-sate kol

Dari segi tampilan yang namanya sate mesti berupa makana dengan sajian di sunduk. Seperti yang kalian litat gambar dibawah loh. Bukan hanya madura yang punya sate tapi juga surabaya punya. Sudah tau kah apa itu kol adalah seekor binatang yang hidup di air. Mereka hidup di sawah dan bisa anda liahat sendiri.
sate kol surabaya
sate kol surabaya
Masakan dengan sajian tusukan ini bebahan dasar dari hewan Kol dan ditaburi bumbu khas yang bisa siap menggoyang lidah anda kapan saja. Sudah melihat dari wujudnya masakan ini berasa manis beekombinasi pedas. Bisa anda beli dengan harga yang cukup murah meriah.

Sate ini kemungkinan tidak ada di daerah kamu (selain surabaya). Saya sendiri merasakan makana ini hanya satu kali. Diwaktu jalan jalan dikota surabaya dan mempir di warung pinggir jalan. Saya membeli dengan harga yang bersahabat yaitu 7000 rupia saja.

Rujak cingur (sapi)

Tetap bepacu pada makan hewani. Sapi adalah hewan yang sudah merakyat di tanah air kita. Termasuk makan khas dari hewan ini. berbeda dengan masakan lain, Rujak cugur khas dari sudabaya sangatlah lezat dan berkualitas top.
Rujak cingur surabaya
Rujak cingur surabaya
Dari namanya (cingur) yang mengartikan bahwa masakan ini berbahan dasar dari cingur. Cingur dalam bahasa jawa berartikan hidung. Memang sedikit menbuat anda merasa ragu untuk merasakan masakan ini. tetapi jangan salah, bahwa masakan ini bisa membuat anda untuk menambah aligi dan lagi.

Seperti layaknya masakan lain. Rujak cingur bisa anda temui langsung di seluruh wilaya kota surabaya. Dan juga anda yang dari daerah jawa timur mungkin sudah tidak asing lagi. pastinya sudag mengenal rasa dan cirikhas yang ada pada masakan hewani ini.

Nah itulah masakan (kuliner) dari kota surabaya. Selain memiliki kualitas rasa yang mengagumkan buat lida. Masakan itu juga dijual dengan harga yang murah meria. Tidak luput dengan gizi yang super banyak. Banya para wisatawan luar negeri datang ke indonesia utnuk mencicipi cita rasa setiap khas daerah. Seperti yang saya sajikan di articel ini dan lainnya. Silahkan anda datang ke kota surabaya dan mencicipi masakan yang ada di kota ini.
Salam kuliner untuk semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam model unik masakan khas daerah surabaya"

Post a Comment