Masakan khas kota Gresik

Gresik kota indrusti, tidak hanya handal dalam industri. Gresik juga mempunyai makanan kuliner ciri khas. Tetunya yumi deh, sebuah makanan khas ini disajikan di beberapa tempat di sempitnya kota gresik.Kamu dapat menemukan makanan ini tidak hanya di gresik lo tapi juga dapat menemukan mankanan ini kemungkinanan juga ada di tempat kamu sekarang. Mau tau apa makanan sedap ala gresik ini.



Yuk, baca artikel ini sampai ujung.  Sebuah makanan traditional yang disajikan ala jaman kuno ini tetntunya bikin laper setiap melihatnya lo. Dari namanya anda akan mengira bahwa makanan khas dari gresik ini adalah makana yang super kuno.

Olahan ala tangan orang gresik ini beda dengan cita tangan daerah lain. Sebuah makanan traditional yang akan siap saji bertempur dengan lidah anda. bercampurkan sajian kuno dan terjamin alami.

Lolos dari bahan pengawet akan tetapi akan semakin tahan lama dibanding dengan makanan pabrik.
Walaupun gresik terkenal dengan pemuda suka dengan sajian secangkir kopi hitam. Tetapi juga kaya dengan masakan traditional yang akan siap dimakan siapapun. Berikut adalah 5 masakan khas dari gresik kota maupun desa.

Sego rumo (nasi Rumo)

Sego rumo (nasi Rumo)
sego-rumo (nasi rumo)
Sebuah amkanan lezat traditional ala grasik yang berasal dari desa. Yup, makanan ini bersal dari nama makanan itu sendiri. Sego rumo yang berarti dalam bahasa indonesia adalah nasi rumo. Rumo sendiri di gresik adalah sebuah desa yang tepatnya gresik sebelah barat.

Hidangan kuliner ini terdapat sangat banyak anda temui di daerah gresik sebelah temiur. Tetpatnya di desa rumo itu sendiri. Sebuah masakan yang disajikan ala alami kuliner gresik. Ya, daun pisang adalah sebuah cirikhas masakan traditional kita.

Sego rumo ini bisa dibilang juga nasi bubur. Dengan bentunya yang menyerupai bubur berwarna orange. Walaupun bentunya menyerupai bubur tapi ini nasi lo. Bisasanya disajikan dengan lontong dan ditaburi dengan daun singkong. Uhui, lezat bukan.


Sego krawuh (nasi krawuh)

sego krawuh (nasi krawuh)
sego krawuh (nasi krawuh)
Sebuah masakan cirikhas gresik kali ini tetap bertemahkan nasi. Makanan ini cukup banyak peminatnya. Dengan takaran yang cukup banya, harganya juga murah loh. Setiap anda jalan-jalan ke kota gresik jangan lupa cicipi yang satu ini.

Makan tetap dengan sajian kuliner khas budaya ini. tidak luput dengan adanya daun pisang yang akan menjadi alas sajian manis nasi khas gresik. Masakan Sego krawuh yang berartikan nasi krawuh. Bersaji dengan kualitas rapi dengan penuh aromah sedapnya yang seiap anda tendang (makan).

Sego krawuh bersajikan dengan perlengkapan daging sapi super sedap. Ditambah dengan semur daging yang akan sedikit membanjiri makana ini. ditambahkan lagi dengan, serundeng jeroan ala masakan gresik.


Bonggolan (makanan ringan)

Bonggolan (makanan rinagan)
Bonggolan (makanan rinagan)
Nama bonggolan mungkin sedikit aneh kan. Makanan ini disajikan dalam bentuk bulat memanjang. Sangat banyak di jumpai di daerah gresik manapun. Rasa yang gurih makanan ini siap untuk disajikan di atas piring anda.

Makanan ini hanyalah sebuah makanan ringan yang super gurih. Bonggolan ini mempunyai cirikhas tertentu dibandingkan dengan makananan ringan lainnya. Yups, ciri khas makanan ini adalah harum yang semakin khas  ikan.

Bahan dasar makanan ringan berwarnah putih ini adalah ikan mentah. Pantesan makanan ini seperti harumnya ikan. Cara pembuatan makanan ringan bonggolan tidak terlalu susah atau rumit. Cukup dengan sajian iklan, bawang putih dan juga garam, eits masih ada banyak lagi lo.


Otak-tak bandeng

Otak-tak bandeng
Otak-tak bandeng
Tentunya sudah kenal bukan dengan masakan ala gresik ini. sebuah makanan yang bertemahkan ikan bandeng. Sajian rapi yang super harum wangi ala ikan bandeng.

Walaupun berbahan dasar ikan. Masakan ini tidak hanya memiliki rasa yang berpacuh dengan ikan. Otak-otak bandeng yang mempunyai rasa sedikit pedas dan gurih ala ikan bandeng ini dapat menggoyang lidah.

Sebuah kuliner buatan tangan kreatif masakan otak otak bandeng ini berbahan dasar dari bandeng yang diolah dengan tangan kreatif. Sehingga akan tercipta rasa yang seuper duper lezat. Cara pembuatan yang simple dan cukup panjang ikan bandeng akan diolah dan dipisah dari kulitnya.
Untuk melihat secara langsung pembuatan masakan ala gresik ini silahkan anda datang langsung ke kota gresik.


Jenang jubung

Jenang jubung
Jenang jubung
Jengan jubuk adalah termasuk makanan ringan original dari daerah gresik. Makanan ini sering ditemui di daerah GKB (gresik kota baru). Pengolahan tangan yang menimbulkan rasa yang khas gresik ini. Saya bisa jamin bikin ketagihan kamu.

Makanan ringan dengan warna sedikit hitam kecoklatan ini. betampilan seperti dodol, akan tetapi makanan jenang sedikit berbeda dalam segi penampilan dan rasa yang amat yumy.

Sering disebut jajanan oleh oleh dari gresik yang akan setia menemani anda ketika pulang dari kota sumpek Gresik. Makanan ini dibungkus dengan pingan yang past beraromahkan pinang yang lembut dihidung anda.


Nah itulah makana dari kota gresik yang bikin lidah kamu bergoyang goyang ala kendaraan sumpek gresik. Saya sendiri sering memakan makanan dari gresik sejak tahun alalu. Dan memang makanan-makanan dari gresik terkenal dengan cirikhas daun.

Tetapi bukan berarti masakan kuno ini tidak mempunyai potensi kesedapan yang terjamin. Walaupun dimasak dengan tangan kosong, makanan alami ini terjamin atas kulaitas bersih dan aman untuk dimakan.

Eits, jangan lupa jalan jalan ke gresik tanpa oleh oleh nya. Makanan gresik ini siap untuk dibawah pulang walaupun perjalanan anda berjam-jam pun tidak akan busuk. Makan ini tahan lama bukan berarti mengandung pengawet. Tapi menggunakan bahan dasar alami yang bisa mengawetkan manakanan.

Bagai mana dengan masakan ala kota anda, gresik punya lima masakan handal bagaimana dengan kota anda apakah punya masakan yang lebih nikmat dibanding dengan masakan kota gresik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masakan khas kota Gresik"

Post a Comment