10 Makanan khas jawa tengah paling laris dan enak

Makanan khas daerah jawa tengah. Ada sangat banyak masakan yang ada di provinsi jawa tengah. Termasuk masakan yang akan saya bahas di bawah. Jika anda cinta dengan masakan indonesia pastinya tau apasaja cirikhas dari masakan indonesia di banding negara lain.

Anda dapat mengetahui salah satu daerah yang mempunyai masakan khas dan harumnya kuliner khas jawa. Memnag dalam suatu hal kuliner mempunyai ciri ciri yang berbeda dan citarasa yang berbeda. Di jawa pulau jawa tepatanya di jawa tengah mempunyai suatu cirikhas tertentu.

Kebanyakan makanan khas jawa tengah ini domainan pada rasa pedas. Benar bukan? Jika anda datang ke daerah jawa tenga jangan lupa untuk mencicipi masakan khas daerah itu. Saya yakin anda akan tertarik dengan sajian yang tradisional.

Ada sangat banyak daerah pada tepatnya kabupaten yang ada di jawa tengah. Dan saya akan meringkas beberapa masakan tradisional asal jawa tengah paling populer dan paling nikmat.


Tahu Petis

TOP makanan khas semarang jawa tengah. Ini makanan sepertinya tidak asing lagi nih buat orang indonesia. Emang apa bedanya sih tahu petis khas semarang dengan tahu petis lainya. Jika anda melihat dari tekstur penampilan mungkin bisa dibilang sama dengan tahu daerah lain.
Tahu Petis
Tahu Petis

Tapi yang ini bedah loh dari citarasa yang di hasilkan. Tepanya di bahan sambal petis yang dibuat. Sedikit pedas dan rasa manis yang khas.


Telur Asin

TOP Makanana Khas brebes jawa tengah. Kalau dibilang telur rebus, pastinya anda sangat mengenalnya. Berbeda dengan makanan khas rembes ini. Yang membuat berbeda dengan masakan khas daerah lain. Yaitu rasa asin yang pas, pada telur rebus. Telur asin tersebut di buat dari telur bebek, yang pastinya ukuran dan berat telur berbeda dengan telur-telur lain.
Telur Asin
Telur Asin
Dari sekian banyak daerah di indonesia. Wilayah brebes jawa tangah ini adalah penghasil terlur bebek terbesar loh. Disinilah anda dapat merasakan betapa enaknya telur bebek khas brebes.

Tempe Mendoan

TOP Makanana khas banyumas jawa tengah. Dari nama makanan yang satu ini. Mamang terdengar sangat jadul dan aneh. Nah dari inilah ciri makanan tradisional indonesia terlihat. Tempe mendoan ini sama dengan namanya. Yups sebauh sebauh masakan yang terbuat dari tempe.
Tempe Mendoan
Tempe Mendoan
Sebuah tempe diolah dengan sebegitu rupa. Ditambahkan dengan sambal kecap hitam ditambahkan dengan irisan cabe rawit. Keaslian Tempe mendoan dapat anda temukan hanya di banyumas.

Sroto Purbalingga

TOP makanan khas purbalingga jawa tengah. Sebua masakan yang tidak ada duanya dan hanya ada di purabalingga. Makanan khas ini mungkin sangat sulit untuk anda jumpai di daerah anda. Masakan yang mirip dengan soto ini sangatlah nikmat dan berbau harum ala tradisional kuliner indonesia.
soto purbalingga
soto purbalingga
Biasanya orang menyebut soroto purbalingga ini dengan sebutan soto kriyik. Nama julukan terbut di ambil dari bunyi sroto saat dimakan (kriyik-kriyik) yang berarti kiyuk.


Sup senerek

TOP Makanan khas magelang jawa tengah. Sebuah makanan dari indonesia yang berumur ratusan tahun. Banyak yang berkata bahwa masakan khas jawa yang satu ini ada sejak pada zaman penjajahan belanda. Kaldu yang berwarnah hitam yang khas. Seperti soalah terlihat dari bahan kecap kental.
SUP SENEREK
SUP SENEREK
Sangat cocok untuk daerah dingin seperti di magelang. Jika anda jalan jalan ke daerah ini. Silahkan anda mampir dahulu dan mencicipi masakan khas tradisional.

Brekecek

TOP makanan khas cilacap jawa tengah. Hm, nama-nama makanan tradisional memang terdengar aneh bukan. Tapi jangan bertanya pada citarasa yang dihasilkan dari masakan seperti ini. Dari tekstur masakan tradisional ini terlihat seperti ketoprak. Tapi bedah loh, yang satu ini berbahan dasar terbuat dari bahan hewani (ikan).
BREKECEK
BREKECEK
Memang wajar daerah cilacap mempunyai masakan khas dengan bahan dasar dari daerah laut. Dikarenakan cilacap adalah sebuah daerah dengan julukan teluk penyu (penghasil laut).

Mangut beong

TOP makanan khas magelang jawa tengah. Sebuah masakan yang bebahan dasar ikan. Memang yang satu ini seprti ikan lele. Akan tetapi sebenarnya bukan ikan lele loh. Entah ikan apa, ayo siapa mau coba ? penasaran ? silahkan datang ke daerah magelang.
MANGUT BEONG
MANGUT BEONG
Sangat banyak para penjual masakan tadisional mangut beong ini. Dan hanya ada di daerah magelang loh. Silahkan anda datang di magelang dan mencicipi mangut menong yang terdapat di warung atau restourant.


Dawet ireng

TOP mainuman khas purworejo jawa tengah. Kali ini berbeda dengan sekian banyak makana khas jawa tengah. Pada poin yang satu ini kita beralih ke minuman tradisional. Sangat cocok untuk di minum pada siang hari. Jika anda dari daerah perkotaan. Mungkin minuman tradisional akan terdengar asing di telenga. Taukah kalau ini minuman yang enak dan segar?
Dawet Ireng
Dawet Ireng
Sangat banyak penjual menjual dawet ini di daerah purworejo. Dan kebanyakan dijual di pasar tradisional ataupun di warung sederhana.


Tahu Susu

TOP makanan khas boyolali jawa tengah. Hihihi,, memang makanan tradisonal yang satu ini terdengar aneh. Sepertihalnya soto rujak (makanan khas jawa timur). Boyolali ini dikenal dengan daerah kaya akan penghasilan susu. Dari nama yang aneh ini (tahu susu) itu berartikan bahwa tahu yang dibuat dari bahan dasar susu dan bukan kedelai.
Tahu Susu
Tahu Susu
Mau tau bagai mana citarasa dari tahu yang terbuat dari susu ? silahkan anda datang ke daerah boyolali dan mencicipinya. Jangan khawatir soal harga.

Sambel lethok

TOP makanan khas boyolali jawa tengah. Taukah anda asal dari bahan yang digunakan untuk membuat sambal yang satu ini? Hihi,, itu loh, tempe yang hampir membusuk. Memang disengaja dibuat dari bahan yang agak membusuk. Nah, dari sinilah sambal lethok berbeda dengan sambal yang ada di indonesia.
Jangan khawatir soal rasa, saya jamin enak deh. Mungkin anda mau tambah jika mencicipinya.

Artikel Menarik lain : Makanan khas kota semarang terpopuler paling enak

Penutup :
Macam macam makanan atau minuman khas jawa tengah. Sebenarnya sangat banyak makana khas jawa tengah yang liannya. Dan saya hanya mengambil dari daerah tertentu yang mempunyai kualitas kedaeraan (tradisonal kuliner). Jika anda melihat dari segi bahan dan segi tekstur makanan. Mungkin akan muak, tapi jangan khawatir soal rasa yang diciptakan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Makanan khas jawa tengah paling laris dan enak"

Post a Comment