Masakan tradisional khas sumatera utara terpopuler

Kuliner atau masakan dari sumatera utara sengat masih terasa tradisional. Sebuah olahan masakan kuno ini populer di daerah Sumatera uatara. Sebuah macam masakan khas bercitarasakan yang lebih khas lokal perkamungan sumatera. Dibwah ini adalah makanan atau jajanan dari SU yang paling terpopuler dan paling enak pastinya. Diuat dari tangan yang kaya akan seni memasak.

Dalam ulasan yang satu ini saya akan menerangkan sedikit detail dari makanan atau jajanan khas tradisional. Terseleksi paling populer dan erpenampilan yang sederhana. Tapi jangan salah dengan tampilannya, rasa dari makanan ini sangat enak dan khas benget loh. Tidak sebuah hal wajib bagi anda untuk menelusuri masakan dari berbagai wilayah di indonesia.

Tidak ada salahnya anda mencicipi msakan yang ada pada daerah sumtra termasuk bagian utara. Cobalah dan rasakan bagaimana unik dari masakan luar jawa yang satu ini. pastinya anda akan tertarik dengan begitu mudahnya. Bagi para penduduk pulau sumtra masakan ini adalah makanan tau jajanan paling populer di daerah kota sumatera.

Saksang

Sebuah masakan pertama terlezat di pulau sumatera. Bagi para oarg muslim tidak boleh makan loh, karena masakan yang satu ini berbahan dasar dari daging babi dan itu hukumnya Haram. Jika anda non muslim pastinya anda mewajibkan untuk singgah di warung pojok untuk mencicipi makanan yang satu ini. cocok untuk dimakan di siang seore maupun malam hari. Biasanya di perlukan untuk acara pada suku batak.
Saksang sumtra utara
Saksang sumtra utara
Bahan dasar daru saksang sumatera utara ini meliputi daging babi atau anjing yeng dipotong kecil kecil. Setelah daging dipotong kecil-kecil kemudian di masukan dalam kuah mentah yang terbuat dari darah santan dan juga rempah-rempah rahasia. Setelah bahan siap kemudian akan direbus dalam suhu tertentu hingga 2-3 jam. setelah matan Sakasang siap untuk anda santap.

Harga dari saksang cukup terjangkau juga, muali dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 30.000,00 perporsi. Terdapat sangat banyak anda temui di daerah perdesaan maupun perkotaan. Mualai dari basis tertoran mewah samapi warung sederhana. Tepanya langsung saja anda datang ke sumatera utara terpatnya di suku batak.

Itak Gurgur

Yang satu in juga tidak kalah dengan aroma makanan tradisional sumtra. Berbeda dengan yang di atas, yang satu ini adalah jajanan yang paling terpopuler di lokasi sumatera utara. Jadi anda tidak perlu untuk ragu memebeli jajanan untuk oleh-oleh keluarga. Memang citarasa yang sederhana, akan tetapi mempunyai nilai tambah pada keunikan jajanan ini.
Itak Gurgur sumatra utara
Itak Gurgur sumatera utara
Bahan dasara dari jajanan yang satu ini terbuat dari kelapa mudah yang dihaluskan sedikit kasar. Kemudian dicampurkan dengan gula pasir setelah itu akan dituangkan air hangat. Pada proses pengadukan, adoanan akan di aduk sampai sedikit lembek (tidak terlalu). Setelah pengadukan kemudian adonana akan di bentuk dengan seni tangan-tangan mereka. Itak gugur siap untuk disajikan.

Harga dari itak gurgur ini cukup sangat murah, muali dari Rp. 5000,00 sampai Rp. 10.000,00 perbungkus. Anda bisa membeli jajanan tradisional yang satu ini di daerah sumatera utara tepatnya pada suku batak. Lebih terdapat banyak pada wilayah perdesaan dari pada perkotaan.

Mie Gomak

Jika anda memakan makanan mie instan, itu sudah biasa. Bebeda dangan mie tradisional yang satu ini. mie yang dibuat dan diolah dengan tangan manual dan bumbu diracik seara manual juga. Mie yang terbuat dari bahan dasar yang sederhana dan dibuat secara tradisional akan tetapi memliki cita rasa bisa dibilang boleh.
Mie Gomak sumtra utara
Mie Gomak sumtra utara
Mie gomak berbahan dasar dari bahan dasar seperti mie mie pada umumnya. Terletak unik pada saat pembuatan, bentuk mie yang dihasilkan bukan dari cetekan atau mesin. Melainkan dibuat secara manual dengan gelintiran tangan. Setalah proses pembentukan mie selesai akan di rebus dengan bumbu bumbu khas tertentu.

Harga dari makanan mie Gomak khas Sumatera utara ini cukup dibilang murah meriah. Biasanya orang membeli dengan harga Rp. 15.000,00 smpai Rp. 25.000,00 per porsi. Dapat anda temukan dikeseluruhan wilayah daerah sumatera utara. Dan juga pastinya terdapat super banyak di wilayah suku Batak.
Yang lain juga : makanan khas daerah bali dan resep dasar
Penutup :
Nah itlah masakan terpopuler di daerah sumatera utara. Terdapat sagat banyak jajanan makanan minuman tradisional yang disajikan di wilayah ini. Jika anda terlahir di bumi indonesia pastina ini adalah sebuah hal yang wajib untuk anda lestarikan. tidak hanyak seni musik maupun seni tari, seni memasak Tradisional juga merupakan budaya yang perlu untuk di lestarikan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masakan tradisional khas sumatera utara terpopuler"

Post a Comment