Makanan khas kota semarang terpopuler paling enak

Semarang sebiuah kota besar yang terletak di pulau jawa tepanya jawa tengah. sebuah kota bernama semarang yang sangat banyak tersaji masakan mulai dari makanan jajanan sampai minuman. Semua makanan dari semarang semuanya mempunyai popularitas. Dan pastinya makanan yang istimewa ala tradisional kota semarang.

Saya akan membahas dari beberpaa makanan atau jajanan yang paling populer dari sekian banyak macam-macam makanan yang disajikan di kota semarang. Memang tidak terlalu banyak orang mengetahui apasaja masakan dari kota semarang yang digemari warga setempat. Bisa anda rasakan sebagaimana rupa kuliner yang disajikan di kota ini.

Sebuah masakan yang terlihat tidak begitu menarik, akan tetapi mempunyai citarasa yang luar biasa nikmat. Jangan terkecoh dengan tampilan yang bagus. Tapi, coba rasakan apa yang ada pada masakan yang anda makan. Bisa jadi and ketagihan dengan masakan-masakan tradsional. Tidak hanya masakan yang disajikan mewah di restoran. Cobalah masakan di warung sederhana, seperti masakan-masakan terpopuler di kota semarang berikut.

Bakmie

Bakmie khas semarang, berbeda dengan mie dari daerah lain termasuk mie instan. Mungkin anda akan lebih menyukai bakmie dari pada mie instan lain. Bakmie sendiri sudah ada di semarang sejak jaman penjajahan belanda. Ya, bisa disebut makanan yang tergolong tua juga sih. Tampilan dari bakmie ini berwarna coklat muda dan berwujud seperti mie burung dara (mie kuning).
Bakmie
Bakmie

Bahan dasar dari pembuatan bakmie yaitu terbuat dari bahan-bahan dari mie seperti biasanya. Ada pula macam dari bakmie, yaitu mie goreng dan mie rebus seperti layaknya mie instan. Ada juga beberapa tambahan dalam penyajian bakmie ini, seperti sayuran sawi atau lain.

Harga dari bakmie juga murah kok, mulai dari Rp. 10.000,00 sampai Rp. 20.000,00 perporsi. Terdapat sangat banyak di kota semarang. Anda dapat menjumpai bakmie di sekitar warung maupun restoran mewah di kota semarang. Pastiny anda datang langsung di kota ini.

Soto bangkong

Sebuah masakan yang berumur bisa di bilang sudah tua. Sebuah makanan yang ditinggalkan dari nenek leluhur semarang. Dari umur masakan ini bisa dibilang makanan terpopuler di kota semarang. Layaknya masakan soto yang ada di jawa timur merupakan masakan terpopulernya. Nah kalau di kota semarang Soto bangkong adalah makanan terpopulernya.
Soto bangkong
Soto bangkong
Bahan dasar dari soto bangkong ini meliputi ayam di potong kecil-kecil kemudian dimasukan dalam kuah yang diracikan dari rempah-rempah. Kemudian dikasih dengan bihun dan juga bawang goreng. Setelah soto bangkong selesai dibuat, masakan tersebut akan disajikan bersama lontong atau lain. biasanya di sajikan di atas magkuk dan dibedakan antara soto dengan lontong.

Harga dari masakan khas semarang ini tergolong murah, berkisar mulai dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 25.000,00 perporsi. Anda dapat mecicipi masakan ini secara langsung di seluruh sudut kota semarang. Disajikan mulai dari restoran sampai warung pinggiran jalan.

Gule kambing

Gule sangatlah banyak jenisnya, semarang juga punya ciri makanan yang khas dari nama gule. Yups, gule kambing yang disajikan sedemikian lezat. Banyak para penggemar masakan memburu masakan gule, termasuk yang ada di kota semarang ini. gule kambing ini terasa guroh segar dan sedikit manis.
Gule kambing
Gule kambing
Bahan dasar dari gule kambing meliputi daging kambing yang dipotong bersama tulangnya sekaligus. Dipotong berukuran kecil dan dimasukan dalam kuah gule yang di buat dari kombinasi rempah-rempah. Setelah proses pembuatan gule kambing sudah selesai, gule pun siap disajikan dengan nasi yang terpisah.

Harga dari gule kambing ini super murah loh, mulai dari Rp. 10.000,00 sampai Rp. 20.000,00 perporsi. Anda juga bisa membeli gulenya saja, dan ini kebanyakan dilakukan para warga semarang setempat. Gule kambing sangat banyak tersaji di lokasi semarang dan juga pastinya da juga di kota kalian masing masing.

Mie kopyok

Kembali lagi ke masakan mie, mie kopyok ini berbeda jauh dengan bakmie yang ada di atas. Mie kopyok disajikan dari bebrapa kombinasi beberapa bahan. Biasanya banyak para orang dari luar kota mencoba untuk mencicipi rasa dari mie yang bernama sedikit aneh ini.
mie kopyok
mie kopyok
Mie kopyok berbahan dasar seprti mie pada umumnya. Ditambahkan dengan bahan-bahan lain seprti tahu, lontong dan juga sayur sayuran seperti tauge sawi atau bahan kombinasi lain. setealah campuran dari beberapa bahan siap. Kemudian mie kopyok akan di siram dengan kuah segra manis.

Harga dari mie yang satu ini sedikit mahal dari pada bakmie yakni berkisar dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 25.000,00 perporsi. Anda dapat mecicipi maskan ini di warung pak.Dawur tepanya ada di kota semarang itu sendiri. Mungkin anda akan merasa kesulitan untuk mencari mie kopyok di tempat kalian.

Lihat masakan Jawa tengah lain :

Penutup :
Dari berbagai macam masakan tradisional yang ada di indonesia termasuk dari kota semarang. Anda sebagai warga negara indonesia diwajibkan untuk melestarikan budaya dari nenek leluhur kita. Agar tidak terjadi kejadian hilang popularitas atau bahkan bisa hilang (punah). Yuk, kita lestarikan budaya kuliner khas Indonesia.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Makanan khas kota semarang terpopuler paling enak"

  1. Mba Ima... saya pesan mie Kopyok satu yang pedes yah... hehehe :D
    Sayang jauh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. m, jau juga gapapa kok, datang aja!

      dari pada ngarepin terus. :D

      Delete