Makanan khas yogyakarta yang terkenal paling enak

Sebauh makanan khas yang disajikan di kota penuh dengan kesenian. Yogyakarta atau biasa orang menyebut kota Jogja. Sangat banyak tempat wisata yang terpencar di kota tersebut. Ada juga masakan mulai dari makanan ringan minuman dan juga jajanan yang khas. Tersaji dengan tampilan tradisional ala kota daerah istimewa yogyakarta. Kota yang sangat kaya akan ragam budaya kesenian dan kuliner.

Dari beberapa makanan khas kota yogyakarta, saya akan menyebutkan makanan terpopuler dan paling enak pastinya. Terpapar di pasar besar Malioboro di waktu siang dan malam hari. Anda bisa berkunjung dan mencicipi sebagai mana rupa makanan Tradisional daerah istimewa Yograkarta.

Sangat banyak orang berwisata dan tidak lupa membawa oleh oleh dari kota tersebut. Dan pastinya anda juga harus seperti itu. Melestarikan budaya kuliner tradisional indonesia dengan cara mempopularitas dan membelinya. Harum jajanan yang khas dari olahan seorang tangan berseni. Jajanan yogyakarta patut untuk di buat oleh oleh keluarga.

Jajanan Bakpia Java

Sebuah makanan ringan asal kota Jogjakarta yang penuh dengan kelembutan cita rasa. Beraneka rasa yang di sajikan dalam bentuk butiran kecil. Berwarna putih kecoklatan berukuran kecil dan juga pastinya paling laris dibandingkan dengan makanan ringan lain yang ada di kota ini. Awalnya bakpia hanya mencapur dengan rasa kacan ijo. kemudian dengan kombinasi rasa lain seperti durian, coklat, strawberry ada juga rasa nanas.
Jajanan Bakpia Java
Jajanan Bakpia Java
Bakpia jogja berpostur lembut sedikit kasar halus dan empuk. Beberapa orang membeli ketika hendak meninggalkan kota tersebut. Resep dasar dari makanana ini adalah tepung dan resep lain yang dirahasiakan. Setelah adonan luar dibuat kemudian di dalam adonan tersebut di isi dengan kacag hijau atau coklat dan rasa lain lagi.

Harga dari makanan ringan bakpia Java beragam ragam. Harga jual berbeda beda menurut isi rasa dari bakpia tersebut. Di toko bakpia java terujal dengan harga Rp. 15.000,00 sampai ada juga di jual dengan harga Rp. 50.000,00 per bungkus. Jiak kalian ingin merasakan sebagai mana cita rasa dari jajanan ini, lebih lengkapnya anda langsung ke Toko besar Bakpia Java.

Manisan Geplak

Terasa manis dan sedikit keras ketika di gigit berwarna warni dalam penyajian, itulah ciri-ciri dari jajanan Geplak. Di kota Yogyakarta gepak sering di hidangkan di pasar besar malioboro. Memang tidak sepopuler seperti jajan bakpia, akan tetapi geplak juga tidak kalah saing. Seperti halnya makanan ringan lalin Geplak juga cocok untuk di buat oleh oleh.
Manisan geplak
manisan geplak
Resep dasar dari makana ringan Geplak ada sebuah parutan kelapa yang di campurkan dengan gula putih. setelah proses fermentasi selesai Geplak kemudian di keringkan atau kuga bisa digoreng. Sangat banyak anak kecil menyukai makanan ringan ini banyak juga di jual di pinggiran jalan kota Yogyakarta.

Harga yang dipatok juga cukup murah mulai dari Rp. 3.000,00 perbungkus sampai juga Rp. 5.000,00. Terdapat super banyak di pasar besar malio boro sampai juga toko kecil pedesaan Jogja. Tidak luput dari olahan tangan manual yang bersih dari bahan pengawet.

Cenil gula merah

Masih dalam pembahasan jajanan, banyak terdapat di daerah jawa timur. Akan tetapi yang satu ini berbedah dengan yang lain. Sebuah makanan ringan berbentuk bulat kecil berwarna warni dan sedikit diselimuti parutan kelapa. Terdapat rasa manis di dalam adonan gurih yang dihasilkan. Pastinya akan membuat kalian terkecipuh dengan jajanan yang satu ini.
cenil gula merah
cenil gula merah
Resep dasar dari Cenil ini terbuat dari tepung sagu yang di dalamnya terdapat gula merah manis. Setelah adonan selesai di buat kemusian di lakukan pengovenan selama sekitar 10an menit. Kemudian setelah matan Cenil ini akan di guling gulingkan di taburan parutan kelapa.

Harga dari jajanan cenil cukuplah murah meriah, mulai dari Rp. 2.000,00 sampai Rp. 5.000,00 perbungkus. Lebih banyak dijual di daerah perdesaan dari pada perkotaan. Tepatnya di daerah gunung kidul. Ada juga di wilayah bagian sudut kota kota Yogyakarta.

Sego Tiwul

Dalam bahasa indonesia sego berartikan nasi. Sudah menjadi makanan pokok bagi para warga yogyakarta tepatnya di daerah gunung kidul. Sego tiwul ini mepunyai citarasa gurih agak manis. Berwarna coklat muda dan di taburi dengan parutan kelapa secukupnya. Sangat sulit di cari di daerah perkotaan.
Sego Tiwul
Sego Tiwul
Resep dasar dari maknana sego tiwul adalah singkong yang di parut dengan tangan manual Kemudian dikombinasi dengan gula merah. Setalah sego tiwul matang, kemudian akan di taburi dengan sedikit parutan kelapa dan gula. Ada juga dengan cita rasa lainnya seperti kacang ijo.

Harga dari sego tiwul super terjangkau, mulai dari Rp. 4.000,00 sampai Rp. 10.000,00 perbungkus. Sangatlah banyak di jual di derah pedesaan Gunung kidul.

Sego kucing

Memang dari nama makanan ini sedikit aneh kan, Sego kucing ala Yogyakarta. Banyak para orang menyangka bahwa ini adalah makanan untuk hewan. Padahal sego kucing dijual untuk human (orang). Sebuah sajian makanan yang sangat sederhana dan pastinya terasa soper lezat ketika anda dalam kondisi perut lapar.
Sego kucing
Sego kucing
Resep dari sego kucing meliputi nasi satu kepal dan sebuah olahan iklan teri yang digoreng kering. Kemudian di beri sedikit sambal pedas. Jika anda ingin membeli makanan ini anda cukup membelinya 5 bungkus sekaligus. Kenapa, karena makanan ini cukup sedikit ( diambil dari nama : nasi kucing atau makanannya kucing).

Haga dari sego kucing sangat murah merah, perbungkusnya dijual dengan harga Rp. 2000,00 saja. Dapat sangat banyak anda temukan di pinggiran jalan. Ada juga para penjual menggunakan gerobak keliling. 

Penutup :
Nah itulah maknan atau jajanan berasal dari kota Yogyakarta. Anda dapat langsung kekota terbut untuk merasakan bagai mana rasa yang disajikan. Wajib bagi para anak bangsa untuk melestarikan budaya indonesia. termasuk daerah istimewa yogyakarta.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan khas yogyakarta yang terkenal paling enak"

Post a Comment