Makanan khas kota jakarta terpopuler paling enak

Jakarta, sebuah kota sebagai ibu kota dari negara indonesia. kota jakarta juga mempunyai cirikhas makanan daerah yang pastinya tidak kalah nikmat dengan masakan khas daerah kalian. Derah kota jakarta akan menyajikan makanan pailing enak untuk siap anda santap. Di kota jakarta sangat banyak jajanan atau makanan maupun minumanan yang disajikan. Akan tetapi saya akan membahas beberapa masakan atau makanan terpopuler di jakarta saja.

Sebuah hal wajib bagi para kita anak bangsa untuk melestarikan budaya bangsa. Bukan hanya dalam bidang kesenian atau lain. Melainkan dalam bidang masakan (kuliner) juga harus dilestarikan. Jika anda sekarang menyaksikan berapa banyak makanan Tradisional dari indonesia yang anda kenal. Dan pastinya anda harus bisa untuk menjaga apa saja tinggalan enek moyang kita termasuk masakan daerah.

Yup, kembali lagi ke topik. Makanan khas dari kota jakarta atau juga di sebuat khas betawi. Ada sangat banyak tempat wisata kuliner yang siap anda singgap. Disana terdapat banyak beraneka ragam bentuk jajanan yang siap untuk dijadikan oleh-leh. Menandakan bahwa anda selesai melintas di ibu kota jakarta silahkan anda membawa oleh-oleh khas Kota besar Jakarta.

Kerak terlor

Makanan yang satu ini pastinya tidak asing lagi kan, Kerak telor khas betawi. Sebuah makanan yang sangat banyak disajikan dalam acara besar di kota jakarta. Bentuk dari kerak telor ini seperti martabak akan tetapi dia lebih kering dibandingkan dengan martabak. Ada banyak para orang luar kota membeli untuk dibuat oleh-oleh atau dimakan secara langsung.

Kerak terlor
Kerak terlor
Kerak telor sendiri berbahan dasar dari telor dan nasi. Adonan manual (tradisional) ini lah yang membuat masakan ini lebih unik dari pada yang lain. Cara memasak kerak telor ini juga sedikit aneh loh, cara dengan mengoleskan adonanan pada sebah alat seperti panci dan dipanaskan di atas kobaran arang.

Harga dari makanan khas betawi yang satu ini memang murah meriah muali dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 25.000,00. Ada sangat banyak di daerah wilayah kota jakarta mulai dari sudut sudut kota sampai ke tengah kota. Juga sangat banyak terdapat dada kota kota di seluruh indonesia.

Ketoprak

Nah yang satu ini mirip denga masakan khas provincy jawa timur. Ketoprak sebuah makanan yang di lihat sekilas seperti lontong. Ketoprak sendriri memiliki citarasa yang mirip dengan lontong. Akan tetapi tampilannya bebeda sedikit dari makanan lontong. Banyak para orang memakan atau bisa disebut cocok untuk dikonsumsi pada siang hari.
Ketoprak
Ketoprak
Bahan dasar dari ketoprak itu sendiri meliputi lontong atau ketpat dan tahu. Kemudian di kasih bihun diatas sajian antara kepat dan tahu tersebut. Kemudian disiramkan sambal kacang dengan resep yang istimewa. Setal disiramkan sambal kacang ketoprak kemudian di taburi dengan kerupuk.

Harga dari ketoprak ini berbeda sedikit dari yang diatas (Kerak telor) yaitu Rp. 10.000,00 sampai Rp. 15.000,00 perporsi. Anda dapat merasakan langsung dari enaknya makanan ala kota jakarta ini di kota itu sendiri. Atau anda dapat mencari makanan tersbut dikota kalian sendiri, kerana ketoprak sudah menyebar keseluruh wilayah indonesia.

Gado-gado

Dari nama makanan ini memang sedikit aneh, Gado-Gado. Sebuah makanan bertemahkan bumbu kacang. Samahalnya seperti ketoprak, gado gado ini berpenampilan kembar (jika anda belum bisa membedakan). Akan tetapi ada sedikit perbedaan juga sih. Gado gado juga sangat cocok dimakan pada siang hari dan pastinya membuat perut anda semakin kenyang.
Gado-gado
Gado-gado
Penjelasan Bahan dasar dan cara pembutan singkat dari gado gado yaitu lontong, kentang, tahu kemudian dikasih sayuran. Setelah itu dituangkan bumbu kaldu kacang dan ditaburi dengan alapan seprti mentimun maupun lalapan lain. Setelah selesai pembuatan, gado gado kemudian di taburi kerupuk putih kecil yang layaknya seperti ketoprak.

Harga dari makanan gado-gado cukup murah meriah mulai dari Rp. 10.000,00 sampai Rp. 15.000,00 perporsi. Gado gado sangat banyak tersaji diseluruh wilayah indonesia khususnya pada dearah jakarta itu sendiri. Baisanya para penjual gado gado di kota jakar buka pada pagi hari dan tutup pada malam hari.
Baca selengkapnya : Resep gado gado jawa spesial dan cara pembuatan lengkap

Semur jengkol

Makanan khas dari tanah betawi dan kemungkinan besar hanya ada pada kota jakarta itu sendiri. Sebenarnya jenkol bukanlah sebuah makanan yang lezat, akan tatapi citra olahan dari orang betawi yang bisa menyulap menjadi makanan super lazat. Semur jengkol berwarnah kemerah-merahan ini sangat banyak di buat di rumah tangga para warga betawi.
Semur jengkol
Semur jengkol
Semur jengkol sendiri berbahan dasar dari sayur jengkol. Kemudian setelah jengkol diperoses atau disebut penghilangan bau yang tak sedap. Jengkol kemudian direbus dengan bumbu bumbu kare yang pastinya istimewa. Tidak ada kandungan negative pada masakan ini. akan tetapi anda lebih menyukainya jika merasakan makanan ini secara langsung.

Haraga dari para penjual menjual semur jengkol melai dari Rp. 7.000,00 sampai Rp. 15.000,00 saja. Ada sangat banyak tersaji deseluruh Kota jakarta. Dan pastinya sangan sulit ditemukan di dearah lura kota jakarta itu sendiri. Makan khas dari jakarta yang satu ini memang sudah dailiar pada ibu keluarga untuk di jadikan sajian pada anak suami.

Nah itulah bebearapa makanan paling populer di kota besar jakarta ( betawi). Ada pula masih sangat banyak makanan lain lain lagi. akan tetapi saya hanya menggambil makanan yang populer dan paling enak pastinya. Dengan demikian anda sudah mengetahui apa saja dari makan asal kota jakarata paling enak.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Makanan khas kota jakarta terpopuler paling enak"

  1. yg belum pernah makan cuma semur jengkol ...hehehe
    enak gk sih jengkol itu ? hehe

    ReplyDelete