makanan khas daerah bali dan resep dasar

Bali merupakan kota penuh atau kaya atas tempat wisata. Selain itu bali juga mempunyai makanan minuman atau jajanan khasnya. Di kota tersebut mempunyai adat yang berbeda pastinya dengan di jawa. Makanan yang disajikan juga berbeda penampilan. Rasa tradisional pulau bali akan terasa lebih jika anda berkunjung secara langsung.

Sebuah sajian masakan paling enak akan saya sajikan di bawah. Tidak hanya enak dan pastinya masakan terpopuler di kota bali. Ada banya termpat wisata dan pastinya ana akan bertemu masakan tradisional ala bali di tempat tersebut. Dengan sajian yang luar biasa asing di mata kalian. Pastinya jadi tambah enak tu, kalo makan sehabis bermain.

Bali juga terkenal dengan tarian tarian dan gadis cantiknya. Tapi anda tidak boleh melewatkan masakan kuliner khas kota bali. Anda juga wajib untuk mencicipi satu atau pun dua masakan yang dijual. Maslah harga tenang aja, pastinya pas di kantong. Saya kemarin juga pernah mencicipi hidangan dari kota bali. Dan rasanya memang tidak mengecewakan.


Babi guling

Kuliner Non muslim, Jika kalian pernah ke pulau bali, pastinya kalian tau apa makanan babi guling. Dari nama makanan saja anda pasti tau kan sebagai mana bentuk dari makanan ini. rasa lembut daging babi yang dihasilkan sangatlah lezat dan gurih pastinya. Bagi orang muslim mungkin tidak boleh memakan makanan yang satu ini.
Babi guling (Haram)
Babi guling (Haram)
Bahan dasar dari babi guling khas bali yaitu babi utuh dan dibersihkan isi pertunya kemudian di isi dengan sayuran. Kebanyakan babi yang digunakan yaitu sumuran 5-6 bln. Kemudian babi di panggang dan dan disajikan bersama piring tradisional ala bali. Yaitu di atas daun pisang dan biasanya disajikan dengan ubi ubian.

Harga dari daging babi ini meliputi berkisar Rp. 30.000,00 sampai Rp. 80.000,00 per porsi. Untuk tempat lokasi penjualan dari babi guling bisa anda temui di sekitar lokasi tempat wisata. Makanan babi guling sangat cocok untuk dimakanan di siang hari atau di malam hari. Dan pastinya anda akan lebih puas memakan seporsi.

Tum ayam pepes

Biasa di sebut tum ayam, mungkin anda akan terasa aneh ketika mendengarkan namanya. Tum ayam di sajikan dalam bungkusan daun pisang yang di olah sebaik mungkin. Sebagai orang muslim anda pasti berhati hati dalam mencari makanan. Dan yang satu ini pastinya bisa anda santap secara langsung.
Tum ayam pepes
Tum ayam pepes
Resep dasar dari Tum ayam yaitu sebuah daging ayam yang dicincang kemudian dicampurkan dengan bumbu tertentu dan juga tidak lupa santan. Setelah adonan selesai dibuat, pepes tersebut akan di kukus sapai beberapa jam sampai adonan tersebut matang. Setelah itu akan disajikan ke para pembeli.

Harga dari makana ini meliputi dari Rp. 10.000,00 sampai Rp. 20.000,00. Sangat banyak terdapat di warung warung di seluruh pulau bali. Harga dari makanan cukup murah dan pastinya pas bagi para orang muslim, bahwa makanan yang satu ini berbahan dari bahan halal. Ada sangat banyak para orang muslim membeli makanan ini dan palin faforit juga sih.

Bubur mengguh

Bubur yang khas dari kota bali, sebuah bubur yang diolah secara manual (tradisioanl) dari tangan. Jadi terbebas dari bahan pengawet atau bahan kimia lain. umur dari bubur in bisa sampai 24 jam saja. Rasa yang dihasilkan dari bubur mengguh tidak akan mengecewakan untuk anda. silahkn anda langsung ke pulau bali.
Bubur mengguh
Bubur mengguh
Bahan dasar dari bubur mengguh khas bali ini terbuat dari beras dan santan kemudia di olah dengan bumbu khusus. Setelah pengolahan selesai bubur kemudian masuk ke tahap perebusan. Setelah selesai perebusan bubur kemudian di sajikan di atas piring dan dikasih daging ayam di suir (potong) kecil-kecil.

Harga dari bubur ini cukup murah di bandingkan dengan masakan dari bali lainnya. Bubur mengguh diberi harga berkisar dari Rp. 5000,00 sapai Rp. 10.000,00 per porsi. Dapat anda temui sangat banyak di sekitar wilayah pedesaan atau di sekitar area tepat wisata.

Bebek betut raja bali

Bebek betut ini adalah sebuah makanan tradisional dari nenek moyang pulau dewata (bali). Masakan yang satu ini merupakan masakan teristimewa. Dahulu pada zaman kerajaan, maknanan ini hanya di hidangkan bagi para raja bali saja. Dan sekarang ini mulai dihidangkan di kawasan lokal. Banyayk orang menyukai masakan yang satu ini lo.
Bebek betut raja bali
Bebek betut raja bali
Bahan dasar dari bebek betut adalah terbuat dari bebek dan bumub bumbu rahasia lain. sebelum masuk ke dalam proses selanjutnya atau awal mula proses pembuatan, bebek harus di pijat terlibih dahulu agar daging bebek terasa lembut. Setelah daging bebek selesai proses ini bebek kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanaskan dalam suhu tertentu. Setelah proses selsesai bebek betut siap di santap.

Harga dari bebek ini lumayan mahal juga sih, yaitu berkisar dari Rp. 30.000,00 sampai 70.000,00 perporsi. Ada sangat banyak untuk anda beli di tempat sekitar area wisata. Dan ada juga terdapat sangat banyak terdapat di restoran pulau bali. Anda dapat mencicipi sebagai mana enak dan lembut dari daging bebek ini langsung di Pulau bali.


Penutup :
Nah itula beberapa makanan daerah bali (pulau dewata) yang dapat anda santap langsung. Bagi para warga indonesia termasuk kita, diwajibkan untuk melestarikan budaya tradisional bangsa. Bukan hanya tarian musical atau lain, kuliner masakan juga merupakan budaya indonesia. yang ditinggalkan dari nenek moyang kita. Dan itu wajib kita lestarikan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "makanan khas daerah bali dan resep dasar"

Post a Comment