makanan khas solo jawa tengah

Solo merupakan sebuah kota damai yang cocok untuk anda bagi para pecinta kuliner. Di kota solo terdapat makanan, minuman, jajanan tepatnya di daerah salatiga. Yang pastinya akan membuat anda semakin senang singgap lama di kota ini. Dari sangat banyaknya masakan kota solo, saya akan memebri tahu masakan yang terpopuler dan paling enak pastinya.

Silahkan anda datang ke kota solo untuk mencicipi sebagai mana nikmat masakan yang disajikan. Ada sangat banyak tempat untuk anda jadikan langganan berwisata kuliner. Tidak hanya tempatnya saja yang banyak, masakan khas daerah solo juga terdapat super banyak. Jika anda ada waktu, anda bisa mecicipi makanan dari daerah solo terpopuler dibawah ini.

Tidak sebuah hal wajib bagi orang indonesia untuk berwisata kuliner. Akan tetapi wajib bagi anda untuk melestarikan budaya kuliner. Ada beberapa banyak masakan khas dari berbagai dearah indonesia yang sudah tidak diketahui hilang kemana. Kemungkinan besar hilang karena tidak ada popularitas masakan tersebut.

Gudeg

Dari nama makanan tersebut anda pastinya akan terasa asing untuk didengar. Aneka bahan dasar yang digunakan pada maskan ini pastinya akan membuat terasa lebih lezar dan nikmat pastinya. Banyak para tetangga kota mencicipi dan merasakan masakan gudeg ceker solo. Dan mereka berpendapat bahwa masakan in adalah masakan paling enak di kota solo.
Gudeg
Gudeg
Bahan dasar dari gudeg ini meliputi nangka muda, ayam ceker dan daging ayam dan juga bumbu bumbu lain. setelah masakan tersebut selesai diracik. Kemudian akan memasuki tahap perebusan, biasanya sampai 2-3 jam dengan suhu tertentu. Setelah proses oerebusan selesai gudeg akan dihidangkan di piring bersama nasi putih yang siap untuk anda santap.

Harga dari gudeg ceker khas solo ini berkisar Rp. 10.000,00 sampai Rp. 15.000,00 saja perporsi. Terdapat sangat banyak di wilaya solo perdesaan di bandingkan kota. Bisa anda beli di basis warung sampai restoran. Anda juga dapat menjumpai di kota dekat sekitar solo dan koa anda.

Serabih khas solo

Seperti dari nama jajanan yang satu ini, serabih adalah sebuah makanan ringan tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Serabih dari solo ini berbedah loh dengan serabi dari daerah lain. memiliki perbedaan dari pada daerah lain yang membuat makanan ini seakin terlihat lebih unik. Berasa gurih dan sangat cocok untuk dimakan di pagi hari (sarapan).
Serabih khas solo
Serabih khas solo
Bahan dasar dari tepung beras dan santan kemudian diolah dengan bumbu spesial tradisional. Setelah selesai membuat adonan serabih kemudian dituangkan dicetakan bulat sedikit kecil. Sambil menunggu adonan matang, biasanya para penjual menyediakan sangat banyak cetakan adonan. Sesudah matang adonan di angkat dan siap untuk disajikan.

Harga dari jajanan serabih khas solo sangatlah murah meria, mulai dari Rp. 2000,00 sampai Rp. 5000,00 perbungkus. Terdapat sangat banyak di perdesaan dari pada di kota. Dan juga pastinya terdapat di kota tetangga (seperti kota anda). biasanya para warga desa solo memakan serabih sebagai makanan pagi (sarapan) mereka.

Bebek goreng sambel

Sudah tidaklah asing bagi para anak anak atau deawasa, bebek merupakan hewan unggas yang cocok untuk dijadikan masakan layaknya seperti aya. Akan tetapi kebanyakan harga jual bebek lebih tingi dari pada ayam. Seperti yang anda lihat di daerah anda. Gorengan bebek yang di kasih sambal dan lalapan ini emang terasa menggoyah lidah kalian lo.
Bebek goreng sambel
Bebek goreng sambel
Bahan dasar dari bebek goreng ini yaitu bebek berumuran sedang kemudan di redam dengan racikan bumbu rahasia bebek gorang solo. Setelah proses peredaman selesai, bebek akan digorengn dengan minyak goreng sewajarnya. Pada proses penggorangan bebek akan di sajikan bersama sambal pedas manis dan juga lalapan seperti mentimun atau sayur lain.

Harga dari bebek goreng sambel khas kota solo dapat untuk anda beli berkisaran Rp. 20.000,00 sampai Rp. 30.000,00 perporsi. Anda dapat membeli makanan yang satu ini mulai dari penjualan berbasis resotran mewah sampai warung pinggiran jalan. Ada juga patinya tersebar dikota tempat anda tinggal.

Tengkleng asli solo

Sebuah makanan tradisional khas, tengleng ini adalah sebuah makanan ber saji seperti penampilan soto. Akan tetapi tengleng lebih bertuju pada daging yang disajikan masih ada tulang-tulang kambing atau sapi. Orang jawa timur kebanyakan menyebut makanan ini adalah teklik atau balungan. Kalau rasa umh, tidak terbayang deh dengan makanan yang satu ini.
Tengkleng asli solo
Tengkleng asli solo
Bahan dasar dari tengkleng adalah sebuah daging yang masih tertempel di tulang tulang bagian paha kambing atau sapi. Kemudian di masukan dalam racikan bumbu yang di olah super lezat. Setelah tengkelng di masukan ke dalam kuah, akan direbus kembali dengan jangka waktu sekitar 2-4 jam (agar bumbu lebih meresap ke sela sela daging). Setelah tahap persebusan selesai kemudian akan di sajikan di atas mangkuk dan siap untuk anda santap dah.

Harga dari makanan yang satu ini cukup murah loh, berkisaran dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 25.000,00. Terdapat banyak anda temukan di warung maupun di restoran tepatnya di wilayah daerah kota solo. Anda juga dapat mencari tengleng di dearah perdesaan maupun dikota anda.


Penutup :
Makanan khas solo jawa tengah yang terkenal di salatiga. Bagi para warga indonesia, pelestarian budaya adalah sebuah hal yang mewajibkan. Seprtihalnya budaya kuliner ini yang terdapat di masing masing kota di seluruh indonesia. Cara melestarikan budaya kuliner sangatlah mudah, anda dapat menjual atau menyebarkan di seluruh kota atau di luar negara. Bisa melalui media tulis seperti contoh artikel yang saya buat yang satu ini. Bisa juga dengan cara share artikel ke media sosial seperti dacebook atau lain. Yuk, budayakan kuliner Tradisional indonesia.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "makanan khas solo jawa tengah"

  1. Makanan khas solo yang belum pernah saya nikmati adalah tengkleng, bahkan saya baru tau makanan tersebut dari Mbak Im. Kapan-kapan saya akan coba tengkleng, makanan khas dari solo tersebut. Terima kasih atas informasi nya dan salam kenal buat Mbak Im. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama-sama mas :)
      Kalo tengkleng mah udah tersebar di mana-mana. Cari aja di kota mas, kemungkinan ada (beda nama aja).

      Salam :)

      Delete