Makanan khas kota cirebon jawa barat

Sebuah kota damai tempat para orang berwisata kuliner menikmati enaknya jajanan ataupun minuman maupun makanan tersedia sangat banyak di kota Cirebon. di artikel ini akan menjelaskan beberapa masakan khas dari cirebon yang paling populer saja dan paling enak pastinya. Memang sangat banyak para pendapat bahwa masakan paling enak khas daerah Cirebon ini berbeda beda.

Dengan demikian anda bida mengenali apa saja masakan khas dari kota cirebon. Di kota cirebon ini sangat banyak warung warung ataupun restoran yang menyajikan berbagai macam masakan. Mulai dari masakan dalam kota sendiri sampai masakan dari kota lain dan begitu juga sebaliknya. Anda bebes memilih dan rasakanlah bedanya, apasaja cirikhas dari makanan cirebon.

Saya sendiri menyukai beberapa jenis dari makanan cirebon yang ada di bawah. Ada juga sangat banyak makanan lain yang saya sukai termasuk dari kota asal saya sendiri. Akan tetapi tidak ada salahnya kita mencintai kuliner dari kota lain. dan itu malah bagus, dikarenakan membantu memperkembangkan popularitas dengan cara berlangganan. Nah, berikut adalah makanan khas  cirebon Jawa Barat.

Teh poci harum

Sebuah minuman yang sudah tidak asing lagi, yups teh poci khas cirebon. minuman yang satu ini memiliki sangat bayak manfaat agi tubuh manusia. Minumanan teh seding anda temui di seluruh wilayah di indonesia. Teh istimewa khas cirebon ini memilki kualitas TOP dan terjamin alami. Sebuah minumana yang diolah dengan tangan manusia biasa.
Teh poci harum
Teh poci harum
Bahan dasar dari teh poci yaitu berasal dari teh dan harum bunga melati. Daun teh di olah dengan baik dan di panaskan di bawah sinar matahari secara langsung. Setelah teh kering kemudian akan melali tahap rahasia akhir. Kemudian daun teh poci akan dikemas dan siap dijual diseluruh penjuru wilayah indonesia.

Harga dari teh poci ini cukup dibilang sangat murah, mualai dari Rp. 5.000,00 sampai Rp. 10.000,00 perkemasan. Teh poci dapat anda temui di market maupun di pasaran biasa. Untuk wilayah tempat teh poci dijual, terdapat sangat banyak di kota cirebon itu sendiri. Dan pastinya juga sangat banyak terdapat di kota kalian juga.

Mie kocok

Sebuah mie khas dari kota cirebon yang tidak boleh anda abaikan. Mie kocok ini berbeda dengan mie lainnya lo. Mie kocok ini merupakan makanan yang termasuk di bilang unik. Sebenarnya mie ini seringa anda jumpai di wilayah kota anda. akan tetapi anda mungkin tidak sadar bahwa asal dari mie tersebut.
Mie kocok
Mie kocok
Bahan dasar dari mie kocok ini ber bahan dari mie kuning ayam telor tauge dan juga kol. Proses pembuatan sama seprti membuat mie ayam pada umumnya. Jika selesai mie direbus, kemudian mie akan dituangkan kedalam mangkuk dan di kasih kuah dan bumbu tambah lain. jika proses tersebut telah selesai, mie Kocok khas Cirebon siap anda santap.

Harga daru mie kocok ini seperti halnya juga anda membeli mie ayam pada umumnya. Yaitu berkisar pada Rp. 5.000,00 sampai Rp. 10.000,00 saja. Tempat mie kocok dijual sangat banyak di pinggiran jalan di warungan dan ada juga pula di restoran.

Sate kalong

Sate kalong, kebanyakan orang jawa pasti mengira bahwa bahan dasar dari masakan yang satu  ini bersal dari kelalawar (kelelawar bh. Jawanya kalong). Bebeda jau yang satu ini halal hala saja kok untuk dikonsumsi bagi para muslim. Dikarenakan berasal dari bahan yang terjamin halal.
Sate kalong
Sate kalong
Bahan dasar dari sate kalong ini berbahan dari potongan daging kerbau yang di potong kecil kecil. Setelah proses pemotongan selesai, kemudian daging akan di sunduk dengan sujin. Setelah itu akan dilakukan pemanggangan seperti biasa sate lainnya. Ada beberapa faktor lain yang memebuat sate kalong semakin terasa nikmat. Dan kemungkinan besar rasa itu berasal dari bumbu.

Harga dari sate kalong khas cirebon ini sagatlah murah meriah. Berkisar mulai dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 25.000,00 per porsi. Sangat banyak terdapat pada wilayah kota cirebon maupun pedesaan. Para penjual juga sangat banyak, muali dari restoran mewah sampai warung sederhana.

Empal gentong cirebon

Masih di topik masakan atau minuman terpopuler di kota cirebon. pastinya anda tidak boleh melewatkan masakan yang satu ini. yups, empal gentong khas cirebon. sebiah makanan penutup dari vote yang saya dapat. Empal gentong ini biasanya digunakan untuk lauk makan. Dan sangat cocok disantap pada siang maupun malam hari. Anda daptan memebeli empal gentong ini dengan harga yang terjangkau.
Empal gentong cirebon
Empal gentong cirebon
Bahan dasar dari empal gentong terbuat dari gulai daging (daging yang di buat keras). Daging yang digunakan dalam pembuatan masakan adalah daging sapi. Setelah daging sapi di olah sedemikian rupa kemudian daging akan dimasukan di dalam gentong. Nah, dari situlah nama dari makanan ini (gentong). Setelah proses fermentasi selesai, Empal gentong khas cirebon dapat anda santap.

Harga dari empal gentong ini cukup bersahabat, berkisar dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 25.000,00 perporsi. Porsi yang disajikan di masakan ini biasanya dihidangkan dengan lontong dan dituang kuah hangat. Terdapat sangat banyak di wilayah cirebon dan disekitarnya.

Penutup :
Makanan khas cirebon, Kita bagi para anak bangsa indonesia, di tuntuk atau diwajibkan untuk melestarikan budaya indonesia. termasuk budaya kuliner yang ditinggalkan dari nenek moyang kita. Cara untuk melstarikan anda bisa dengan cara menjual atau menyebar luaskan dalam bentuk artikel, seperti yang saya lakukan. Yuk, kita lestarikan budaya kuliner.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Makanan khas kota cirebon jawa barat"

  1. Empal Gentong Cirebon saya baru tahu...
    Hemm... sepertinya enak nih...
    BTW kalau ngomongin makanan perut bawaannya jadi laper...
    Mba tanggung jawab yah... hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho.

      langsung aja dateng ke resto :) atau tetangga sebelah :D
      +Justkid :D

      Delete