Makanan khas papua barat paling enak dan populer

Makanan khas papua, sebuah pulau di indonesia yang kaya akan budaya tradisional. Bersuku-suku mempunyai cirikhas tertentu. Dari berbagai macam tradisional budaya yang ada di papua termasuk makanan minuman maupun jajanan. Tersedia berbagai macam model jenisnya. Di papua tepanya bagian barat ini terdapat makanan yang bisa di bilang unik dan sangat tradisional tentunya.

Macam macam sajian kuliner dari papua barat dapat anda liha di bawah. Terdapat macam masakan yang ada, saya akan mengambil masakan terpopuler saja. Cita rasa yang boleh untuk anda coba dan menikmati hidangan yang disajikan. Cukup ada sedikit makanan yang mainstream dan pastinya mempunyai cirikhas tertentu.

Sebagai warga indonesia kita diwajibkan untuk menjaga budaya yang ada pada masing masing daerah. Jadi kita wajib mengetahui apa saja yang ada pada negeri ini. termasuk masakan dari papua, tepatnya bagian barat. Memang bebrapa makanan dari papua tidak memiliki popularitas di luar pulau. Tidak seprti masakan dari jawa atau lainya. Berikut adalah makanan terpopuler di papua :

Udang seling khas papua

Sebuah sajian kulineError! Hyperlink reference not valid.r khas papua barat yang satu ini memang memiliki gizi yang cukup tinggi. Kata dari seling itu sendiri diambil dari selingku. Kok bisa, ya begitulah makanan yang satu ini memang badan dari udang berbentu seperti lobster tapi mempunyai capit yang berbentu seperti kepiting.
Udang seling-imkuliner
Udang seling-imkuliner
Makanan yang cukup berharga mahal ini bisa anda temukan di resto tepanya daerah wamena. Ada banyak orang mampir ke wamena untuk merasakan sajian kuliner Udang seling (selingkuh).

Ulat sagu

Sebuah ulat yang memilki gizi yang tinggi, Ulat ini tinggal di pohon sagu. Maknan dari ulat sagu sendiri adalah poho sagu Jadi isi dari ulat ini adalah apa yang dimakan. Berwarnah putih berukuran besar gemuk seperti jari jempol. Ada bebarapa orang dari memakan ulat sagu secara instan (hidup-hidup). Jika anda belum pernah memakan jajanan yang satu ini pastinya perut anda akan mual-mual ketika memakannya.
Ulat sagu imkuliner
Ulat sagu imkuliner
Cara makan mereka pun bermacam macam. ada juga yang di panggang atau direbus. Mamang sebuah hidangan yang cukup extrime. Jik anda penasar, bisa langsung mencari ulat sagu di pepohonan sagu.

Papeda (bubur)

Tidak lolos dari sagu, sebuah bahan makan pokok bagi orang papua. Bubur sagu sendir berbahan dasar dari sagu yang diolah sedemikian rupa. Bubur sagu berpenampilan putih bening dan sedikit kental encer. Mereka mengambil bahan dasar dari pohon sagu kemudian difermentasi menjadi bubuk sagu.
Papeda (bubur)-imkuliner
Papeda (bubur)-imkuliner
Papeda terbuat dari bahan dasar bubuk sagu, air, garam dan gula. Biasanya mereka mengkombinasi denagn kuah ayam atau ikan. Papeda (bubur sagu) ada sangat banyak terdapat di papua.

Ikan bakar monokawi

Berbeda dengan ikan bakar yang ada di daerah lain. ikan bakar dari papua ini memiliki cirikhas tertentu. Sebuah ikan dengan bumbu yang diolah dari bebagai macam rempah rempah. Cara menyajikan ikan bakar monokawi ini cukup menghubur mata. Ikan akan di taruh di atas piring kemudian di kasih sambal atau sayur di atas ikan.
Ikan bakar monokawi-imkuliner
Ikan bakar monokawi-imkuliner
Anda bisa membuat ikan bakar seperti ini di rumah sendiri. Dengan mencari ikan tongkol dan di kasih sambal atau kecap di atas ikan. Trus apa bedanya? Jelas beda lah, masakan dari olahan tangan khas papua.

Baca yang lain : Masakan tradisional khas sumatera utara terpopuler

Penutup :
Nah itulah beberapa makanan terpopuler di papua. Anda dapat mencicipinya secara langsung di papua bagian barat. Memang tidak jau berbeda dengan maskan khas jawa. Akan tetapi mereka mengolah makanan tersebut dengan cara yang berbeda. Jadi lebih terasa khas dan becita rasa yang nikmat. Yuk, lestarikan budaya khas indonesia.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Makanan khas papua barat paling enak dan populer"

  1. The appreciation has been giving information I was looking for. " The food is typical of Papua "

    Very difficult indeed found articles about traditional FOOD

    ReplyDelete
  2. yes, it is a little difficult .
    for easier searching , do subscribe ! :)

    thank you, :)

    ReplyDelete