Makanan khas kota tangerang juga oleh-oleh

Masakan khas tangerang, sebuah kota kaya akan makanan minuman maupun jajanan yang khas tradisional. Provinsi banten terletak di sebelah barat provinsi jawa barat. Orag orang banten membuat masakan dengan olahan yang sangat lezat dan pastinya boleh untuk anda coba. Memang tengerang  adalah sebuah kota kecil tapi jangan salah loh banten juga mempunyai tradisional yang khas termasuk masakan.

Jika anda jalan-jalan ke provinsi banen, jangan lupa mampir di kota tangerang. Tradisional masakan yang disajikan sangatlah lezat dan menggoda mata. Bisa anda beli dengan harga murah meriah. Makanan yang diolah dengan tangan manual lolos dari berbagai macam bahan kimia bisa anda nikmati langsung di kota banten.

Terdapat super banyak jenis dari makanan yang disajikan di kota banten. Saya akan memberi tahu makanan apa saja yang paling populer dan terkenal dari kota banten. Banyak para orang berpendapat bahwa masakan khas banten di bawah adalah makanan yang paling populer.

Nasi susum khas tangerang

Nasi susum khas tangerang-imkuliner
Nasi susum khas tangerang-imkuliner

Memang sedikit terasa asing, makanan yang satu ini sudah terbaca dari namanya bahwa mereka menggunakan sumsung sapi atau kerbau untuk membuat makanan dari tangerang banten ini. bisanya para warga tangerang meyantap nasi sumsum pada siang hari.

Bahan dasar dari nasi sumsum ini dibuat dari nasi yang sudah matang kemudian di aduk dengan olahan rempah rempah. Setelah pengadukan selesai nasi tersebut kemudian di tancapi dengan sum-sum dan dibungkus dengan daun pisang. Setelah pembungkusan seleseai mereka membakar hingga beberapa menit.


Bandeng sate

Bandeng sate  tangerang-imkuliner
Bandeng sate  tangerang-imkuliner

Bandeng sate atau sate bandeng ini memang merupakan masakan paling populer di kota tengerang. Masakan dengan citarasa yang luar biasa yang akan menarik perngunjung untuk selalu menjadi pelanggan. Ikan bandeng yang diolah secara istimewa berbeda dengan olahan ika bandeng biasa. Mereka mengolah dengan cara khusus agar citarasa semakin luar biasa.

Sate bandeng khas tangerang ini boleh anda coba dengan harga berkisar Rp. 25.000,00 sapai Rp. 30.000,00 perbungkus. Mereka membuat bandeng sate dengan menggunakan bumbu dasar santan kelapa kelapa muda dan juga bumbu khas lainya. Cara yang khas merek membuat sate bendengan dengan mengambil duri dari dalam ikan (bukan di presto).


Kue jojorong

kue jojorang tangerang-imkuliner
kue jojorang tangerang-imkuliner

Nah kali ini ada juga jajanan dari tangerang yang luar  biasa nikmat. Kue jojorong, sebuah kue yang memiliki rasa khas dari adonan tangan manual. Jajanan kue jojorong tergolong oleh oleh dari tangerang yang berbobot tinggi. Seseudah anda berwisata kuliner di tangerang jangan lupa membawa jajanan oleh oleh yang khas satu ini.

Kue jojorong berbahan dasar dari tepung beras tepung kanji juga gula merah. Mereke mengolah kue dengan cara mencampurkan semua bahan dan menuangkan pada cetakan kecil. Setelah adonan dituang mereka memberi gula merah di atasnya. Kemudian kue terbut dibungkus dengan daun pisang dan di kukus selama beberapa menit. Harga dari kue jojorong khas tegerang ini cukup murah. Berkisar dari Rp. 5.000,00 sampai 20.000,00 perbungkus.


Bebek sate

Bebek sate tangerang-imkuliner
Bebek sate tangerang-imkuliner
Beberapa orang dari luar kota memburu masakan yang satu ini. Dan yang satu ini adalah makanan dengan paling banyak dicari orang. Bebek diolah dengan cara khusu agar daging terasa lebih empuk dan becita rasa yang sangat lezat. Jika anda datang di kota tangerang jangan lupa anda mencicipi masakan yang satu ini.

Bahan dasar yang digunakan adalah bebek yang di potong kecil kecil dan diberi bumbu santan, ketumbar, merica dan rempah rahasia lainnya. Anda bisa membeli maskan yang satu ini dengan harga yang bersahabat, berkisar Rp. 30.000,00 sampai Rp. 50.000,00 per porsi.


Penutup :
Masakan khas dari kota tangerang dan juga oleh oleh, boleh anda coba dan menikmati dengan memandang ramainya kota. Bukan hanya budaya seni atau tarian yang perlu dilestarikan. Kuliner tradisional juga merupakan sebuah budaya tinggalan nenek moyang kita. Yuk, kita lestarikan budaya kuliner tradisional indonesia.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Makanan khas kota tangerang juga oleh-oleh"

  1. sy sering ke tangerang, tpi blum nyobain itu semua ,,,hehe

    ReplyDelete