Nikmati kuliner masakan traditional khas kota Tuban

Tuban, bumi damai ronggolawe terkenal dengan sebutan itu. Di kota ini terdapat makanan maupun minuman khas dengan sajian yang disajikan secara Traditional. Dari segi geo, kota tuban terletak di provinsi jawa timur lebih tepat berlokasi disebelah barat kota lamongan dan disebelah utara kota bojonegoro. Mkanan khas dari kota Tuban disajikan beragam-ragam model.

Banyak makanan maupun minuman dijual dengan harga murah meriah. Mulai berkisar dari harga Rp. 1000,00 sampai ada juga Rp.40.000,00. Saya sendiri menilai rata rata harga jual makanan tergolong murah. Dan cita rasa yang dihasilkan sangat tidak mengecewakan.

Berptok dengan pedoman rakyat indonesia harga murah kualitas ok. Tuban adalah tempat yang tepat untuk melakukan pemborongan kuliner. Berwisata kuliner itu sehat akan tetapi jangan berlebihan. Yuk, simak berikut adalah daftar makanan yang akan saya sajikan untuk anda.

Minuman Legen asli

Legen adalah mainuman yang di ambil dari pohon aren. Memepunyai cita rasa sedikit kecut asam manis. Tempat media penyajian biasanya di sajikan dengan gelas alami dari bambu. Untuk media penyimpanan legen sendiri juga terbuat dari batang bambu yang dipotong pendek dengan tutup original bambu.
Minuman Legen asli
Minuman Legen asli
Munumana legen asli tuban bermanfaat besar bagi tubuh manusia. Termasuk berguna sebagai obat ginjal. Banyak para orang mencarinya berkepentingan sebagai pengobatan penyakit. Jika anda mempunyai gejala penyakit ginjal, segeralah berobat ke kota tuban.

Minuman legen asli tuban sangat banyak ditemui di kecamatan semanding. Anda dapat menemui penjual disetiap kanan kiri jalan. Sangat banyak disajikan dengan berdagam model fariasi seperti dawet ental dan lain lagi.

Bekicot ala sate

Hewan Bekicot dalam bahasa indonesia dinamakan siput. Bekicot dapat anda temui disekita pohon pisang atau dibawah pepohonan yang terdapat kadar air banyak. bekicot ini sangat banyak ditemui diwaktu misim hujan tepanya di bawah pohon.
Bekicot ala sate
Bekicot ala sate
Walaupun bekicot berpenampilan tidak sedap dilihat mata. Tapi jangan sala bekicot ini dapat terasa lezat jika disajikan dengan olahan tangan profesional dan disajikan dalam tusukan. Ada juga dengan sajian dalam piring atau mangkuk.

Penjual sate bekicot di tuban dapat mamapu membuat samapi 500 tusuk dalam satu hari. Dalam artian bahwa sate bekicot sangat digemari oleh waga setempat. Selain tersa nikmat sate bekicot juga dapat digunakan sebagai obat gatal atau tepatnya obat sakit kulit.

Rasa Pedasnya kare rajungan

Rajungan dalah hewan berbentuk persis seperti hewan kepiting. Hudup rajungan sama seperti layaknya kepeting akan tetapi lebih suka hidup di darat dari pada di dalam air. Hewan rajungan dapat anda cari di tepi pantai tepanya di sela batu karang.
Kerengsengan Belut super pedas
Kerengsengan Belut super pedas
Kare rajungan disajikan dengan cita rasa yang duper pedas. Cocok untuk dimakan para oarng orang pecinta makan pedas. Cara pembuatan kare rajungan di proses(direbus) bersamaan antara  kare dan rajungan itu sendiri. Jadi bumbu kare akan meresap pada isi cangkang rajungan.

Bagi teman-teman yang punya rasa penasaran dengan kare Rajungan Pedas khas kota tuban. Terdapat banyak anda temui di kecamatan manunggal. Jangan bingung sola tempat dagang, teman saya sendiri bilang terdapat banyak tersaji di setiap warung manunggal.

Becek mentok lezato

Mentok dalam bahasa indonesia berartikan bebek. Dan becek itu sendriri berartikan sajian yang ditampilkan dalam siraman kuah. Berpacu pada rasa yang sedikit mirip dengan kare akan tetapi yang satu ini lebih pedas dibandingkan kare.
Becek mentok lezato
Becek mentok lezato
Banyak para orang berpendapat bahwa makanan dari tuban yang satu ini memang Lezat membalut lidah. Rasa paduan pedas bumbu kuah yang dihasilkan terasa menyengat di lidah. Hanya sebuah olahan bebek bertabur kuah bisa membuat anda ketagihan dalam sekali mencoba.

Lokasi jual terdapat di seluruh lokasi kota tuban. Mulai dari warung makan kecil-kecilan sampai restoran besar. Makanan ini sangat populer di daerah jawa timur. Harga jual juga cukup terjamin murah berkisar Rp. 10.000,00 sampai Rp. 25.000,00 Cukup murah bukan.

Kerengsengan Belut super pedas

Belut merupakan hewan berpostur seperti ular dan hidup di dalam lumpuran sawah. Berbeda dengan ular kalu belut lebih jinak dan tidak ber sisik. Rasa pedas yang dihasilkan dari cabe rawit dan diolah dengan bumbu pedas lain seprti mrica.
Kerengsengan Belut super pedas
Kerengsengan Belut super pedas

Belut yang digoreng garing dan dilaburi dengan bumbu super pedas. Layaknya masakan lain yang disajikan dalam piring traditional. Sering disajikan dengan nasi putih dan ditambah dengan lalap (timun dan gubis). Dan jug adalagi macam macam jenis tampilan lain.

Terdapat sangat banyak diwarung kecil dan sedikit di resto besar. Untuk merasakan citarasa pedas yang dihasilkan dari olahan tangan ahli dari tuban. Silahkan anda datang langsung ke kota besar longgolawe.

Penutup :
Kuliner khas kota tuban atau ronggolawe identik dengan maknan pedas dan begitu juga dengan minumannya. Banyak para pendatang dari kota teangga untuk merasakan minuman terpopuler di tuban yaitu legen atau tuak. Begitu juga dengan anda, jangan segan segan datang ke kota Tuban. Yuk, lestarikan budaya kukiner traditional indonesia.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Nikmati kuliner masakan traditional khas kota Tuban"

  1. Kalo tuak sama Legen apa bedanya ya ?
    apa sama-sama jenisnya ?

    terimakasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Legen adalah sebuah minuman tradisional yang di ambil dari pohonnya secara langsung. Jika Tuak sendiri dibuat dari legen yang di fermentasi lagi.

      Sama-sama.

      Delete