Makanan khas bojonegoro jawa timur

Kuliner dari bumi angling darmo provisi jawa timur indonesia. Bumi bojo negoro sering disebut kota ngling darmo yang kaya akan kuliner khas tradisional. Walapun banyak makanan dari luar negeri bojonegoro tidak kalah saing dibidang masakan. Dengan masakan kuliner tradisional, bojonegoro akan mampu mendongkrak budaya indonesia.

Untuk masakan yang ada pada kota angling darmo ini memang dengan khas super deso (kuno). Dengan demikian kita sebagai warga negara indonesia wajib melestarikan budaya. Walaupun budaya kuliner yang ada pada kota kita. Untuk lebih dekat dengan budaya indonesia, mari kita bahas tentang kuliner yang ada pada kota bojonegoro jawa timur ini.
Putu ala harum bambu bojonegoro
Putu ala harum bambu bojonegoro
Saya sendiri sangat suka dengan pelestarian budaya. Termasuk masakan atau minuman maupun makanan ringan yang lahir pada bumi tercinta indonesia. bukan hanya kesenian atau musical yang dibudayakan. Kuliner juga merupakan peninggalan dari nenek moyang kita. Yuk mari kita bahas satu persatu.

Putu ala harum bambu Bojonegoro

Memang sedikit lucu dari nama yang terdapat pada masakan tradisional asal bojonegoro. Putu sering di gunakan sebagai makanan adat istiadat. Beragam para penjual mensajikan cita rasa dengan kombinasi modern. Berbentuk sedikit panjang hasil dari cetakan bambu kecil berwarnah putih susu.
Putu ala harum bambu bojonegoro
Putu ala harum bambu bojonegoro
Terasa nikmat gurih dan manis yang berasal dari gula merah. Ada sedikit pula rasa asin yang dihasilkan. Resep dasar dan cara pembuatan jajanan putu : parutan kelapa dan ketan yang di adon dan dicetak dalam bambu berukuran kecil. Panjang jajanan putu sekitarkan 5-7 cm ada juga 9 cm.

Jajanan putu banyak dijual para pedagan keiling, biasanya para pedagan menaruh gerobak di atas sepeda motornya. Harga makanan ringan khas bojonegoro ini terjangkaku murah meriah berkisar dari Rp. 3000,00 sampai Rp. 5000,00 per bungkus. Perbungkus biasanya terdapat 3-7 biji putu.

Makanan rigan kripik tempe

Anda pasti sudah mengenal apa itu kripik. Di bojonegoro kripik tempe lebih meraja dibandingkan makanan ringan lain. Kripik tempe dengan cita rasa yang khas ala tempe banget deh. Bentuk sajian dari kripik tempe ini seperti halnya kripik biasa. Akan tetapi berlebar lebih dari kripik biasa.
Makanan rigan kripik tempe bojonegoro
Makanan rigan kripik tempe bojonegoro
Kripik tempe dari bojonegoro bumi angling darmo terdapat resep yang super simple. Tapi jangan salah kripik ini terdapat rasa yang bikin kalian ketagian lo. Resep dasar dari kripik tempe adalah : tempe dan tepung yang di olah dan digoreng menggunakan minyak goreng seperti biasa.

Terasa kriuk yang dihasilkan akan melumat lidah kalian dan pastinya bakal ketagihan deh. Anda bisa membeli dengan harga yang cukup murah. Berkisar dari Rp. 5000,00 sampai 10.000,00 perbungkus. Banyak para pedagan mulai dari restoran sampai warung di pinggiran jalan.

Makanan tradisional serabih

Serabih sering di guanaknan sebagai makanan adat istiadat. Dari nama yang dihasilkan memang merupakan makanan yang bisa dibilang berumur dari tahun 100 tahun. Berbentuk seperti piring yang dibalik serabih ini mempunyai cita rasa khas dari kota ke kota. Tidak perlu memilh sebagaimana serabih di sajikan, rasanya sama-sama sama dengan yang lain.
Makanan tradisional serabih bojonegoro
Makanan tradisional serabih bojonegoro
Selain kota gresik, lamongan, tuban serabih dari bojo negoro memiliki rasa yang sedikit berbeda. Dari segi pewarnaan memeng sama saja. Resep dasar dan cara pembuatan serabih sebagai berikut : tepung beras secukupnya dicampurkan dengan santan kental dan diambahkan dengan sedikit garam. Setelah adaonan selesai dibuat akan dimasukan atau dituang dalam cetakan khsusu.

Serabih ini bisa anda beli dengan harga berkisar dari Rp. 500,00 smpai Rp. 2000,00 Cukup murah bukan. serabih sangat banyak terdapat pada pasar tradisional di bojonegoro. Termasuk kecamatan kanor.

Getok lindri tradisional makanan

Getok adalah nama yang dihasilkan dari bentuk lembek sedikit keras. Gotok lindri bojonegoro adalah makanan ringan yang berwarna warni bercita rasa sedikit manis gurih. Banyak para anak kecil suka memakan di pagi hari sewaktu seorang ibu membeli dari pasar. Warnah yang dihasilkan 100% alami bebas dari bahan kimia.
Getok lindri tradisional makanan bojonegoro
Getok lindri tradisional makanan bojonegoro
Cita rasa luarbiasa soal harga sangat miring. Getok tradisional siap anda santap setiap waktu. Makanan ringan ini menggunakan resep dasar : tepung dan digabung dengan bumbu tradisional kemudian dicetak dalam cetakan memanjang. Setelah proses pencetakan selesai getok akan dipotong pangjang sekitar 5-8 cm.

Anda bisa membeli makanan ini sekitar harga Rp. 1000,00 sampai 3000,00 saja. Walapun harga cukup murah tidak akan menghalangi rasa nikmat yang dihasilkan. Getok terdapat sangat banyak pada daerah perdesaan termasuk di kecamatan sumberejo.


Penutup :
Dari makanan khas bojonegoro, Banyak para jajanan dari luar negeri di negeri kita. Kita boleh saja membeli atau mengkonsumsinya. Tetapi jangan sampai kita hilangkan masakan atau makanan maupun jajanan dari negeri kita sendiri. Setiap kota di indonesia mempunya beberapa macam khas tarian makanan atau seni lain yang berbeda-beda.

Kita sebagai warga negara indonesia jangan sampai melalaikan cita khas tradisional indonesia. banyak karya budaya yang hampir punah termasuk adalah kuliner khas daerah. Termasuk kota bojonegoro yang tepatnya di provinsi jawa timur. Yuk, kita lestarikan budaya kuliner Indonesia.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Makanan khas bojonegoro jawa timur"

  1. Wah mantaf tu masakan dari kota asal gue.

    Kalo yang lain mah biasa biasa aJa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masing masing kota di Indonesia memiliki cirikhas masing masing.

      Termasuk juga kuliner dari bojonegoro yang memiliki rasa dan keunikan sendiri.

      Delete
    2. ayam panggang, asem2, tahubumbu, sate bumbu khas masakan alm ibu

      Delete