Kuliner khas pasuruan jawa timur tradisional

Pasuruan, kalian penasaran tentang macam macam makanan khas dari kota ini. Ada beberapa makanan traditional terpopuler di kota tersebut. Seperti yang anda cari saya akan menyajikan tentang macam-macam makanan khas kota maupun desa. Walaupun nama makanan terdengar kono tapi jangan salah soal rasa.



Tidak bisa diremehkan, masakan dari Pasuruan memang memiliki citarasa yang khas. Siap untuk anda nikmati untuk dijadikan konsumsi pokok atau makanan ringan biasa. Bukan wajib mengkonsumsi atau mencoba tetapi wajib untuk melestarikan. Karena ini termasuk salah satu budaya indonesia.

Saya sendiri sempat meremehkan sajian masakan dari kota pasuruan ini. Eh, saya coba ternyata rasa dan tampilan memang jauh. Setiap makanan memiliki cirkhas cita rasa yang berbeda. Pastinya akan membuat anda semakin ingin tambah dan tambah.

Siap santap Lontong balap kuning

Lontong yang satu ini berbeda dengan lontog dari kota anda pastinya sama nikmatnya kok. Sedikit berbeda dengan lontong lainnya. Masakan lontong dari pasuruan ini memiliki cita rasa yang khas. Ditambah dengan tampilan kuning dari kuah yang di taburkan. Dari citra warna tersebut lontong ini dinamakan lontong kuning.
Lontong balap kuning
Lontong balap kuning
Bahan dasar yang di sajikan adalah lontong dipotong dengan ukuran sedang. Kemudian di tuangkan bumbu santan kuning. Santan kuning ini berasal dari warna kunyit yang dikombinasi dengan bumbu lain. Jika anda merasa penasaran dengan rasa yang dihasilkan, silahkan datang lansung ke kota besar Pasuruan.

Saya sendori belum merasakan betapa enaknya masakan yang dihidangkan. Tatapi akan saya coba beberapa waktu esok. Banyak orang berkata bahwa lontong kuning ini terkenal dengan rasa tersendiri. Pokoknya beda dengan yang lainnya.

Sate kupang dan kerang

Dari namanya pasti anda sudah tau kan apa itu kupang dan apa itu kerang. Kupang sama jenisnya dengan kerang. Perbedaan terletak pada bentuk dan waranya kalau kerang kebanyakan berwarnah putih kecoklatan berbeda dengan kupang yang berwarna hijau tua.
sate kupang dan kerang
sate kupang dan kerang
Sajian ini bisa anda santap dengan rasa yang istimewa lezat bakal membuat lidah kamu berkoyang goyang. Kebanyakan di daerah sekitar pasuruan dijadikan lauk untuk makan bersama dengan lontong. Bahan yang dasar yang digunakan dalam racikan adalah kupang atau kerang. Berbumbu utama yaitu bawang putih dan cabe rawit juga ditambahkan bumbu dapur lain.

Dapat anda temukan di warung kecil maupun besar di sekitar daerah kota pasuruan. Bisa juga anda membikin sendiri di rumah, saya rasa masakan ini sangatlah mudah dibuat dan tidak memerlukan teknik tertentu.

Cenilan khas pasuruan

Makanan ringan dengan tampilan super menarik perhatian mata. Berkhas warna mencolok mata merah kuning hijau. Cenil ini cocok untuk dimakan para anak kecil dan tidak berbau bahan pengawet. Rasanya gurih berpadu dengan manis yang dibuat dari gula bercampurkan kelapa lembut.
Cenilan khas pasuruan
Cenilan khas pasuruan
Penyajian yang disajikan sangat sederhana. Kebanyakan para pembeli merasa gemes dengan tampilan yang mencolok. Untuk cara pembuatan simple saja. Hanya berbahan dasar dari tepung tapioka. Adonan kemudian diberi beragam ragam warna dan di cetak dalam berbagai macam bentuk.

Sayang makanan ringan yang satu ini hanya di konsumsi para orang pedesaan. Jarang-jarang orang perkotaan mengenal makan desa ini. biasanya para anak kecil sangat suka dengan cemilan kenyal berwarna warni.

Makan ringan Klepon

Makanan ringan dari pasuruan yang satu ini memenag terlihat sekilas mirip dengan Cenilan. Yang membedakan adalah jika cenilan berpenampilan jel dan kalau klepon berpenampilan tidak transparan. Cita rasa yang dihasilkan juga jauh berbeda dengan cenilan.
klepon
klepon
Bentuk yang disajikan seperti halnya Cenilan akan tetapi ada perbadaanya juga. Kalu cenilan kebanyakan identik memangjang. Dan yang satu ini identik dengan berbentuk persegi. Klepon khas pasuruna berbahan dasar dari tepung beras yang adon kemudian di dalam bentuk dikasi gula merah.

Sekarang telah hadir tambahan tampilan tambahan yaitu dengan sentuhan parutan keju di atas beberapa biji klepon. Kebanyakan para orang luar kota yang tidak bisa membedakan mana itu klepon dan cenilan. Walau pun perbedaan sangat tipis anda pasti bisa membedakannya. Untuk lebih jelas silahkan anda kunjung ke kota pasuruan.

Bipang jangkar khas

Dari nama tersebut pasti anda sebagai pembaca merasa aneh kan. tidak tau dari mana asal makanan ini dinamakan. Yang pastinya terasa lebih istimewa dibanding dengan makanan ringan lain. Maknan ringan ini terlihat sekilas terlihat remeh tapi beda dengan kualitas TOP.
jangkar pasuruan
jangkar pasuruan
Ada beberapa macam jenis rasa yang telah disediakan. Mulai dari rasa buah buahan seperti stawbery apel mangga dan lain lagi. Dan ada juga rasa rasa terbaru yakni Coklat, Keju dan juga sedikit asin asin. Rasa yang dihasilkan sangat cocok dengan kombinasi bahan dasar yang dibuat.

Anda dapat mencari tahu sebagai mana rasa dan bentuk dari makan ini secara langsung. Cemilan garing ini Sangat cocok untuk dibuat oleh oleh. Mampu bertahan beberapa bulan dan itu dibuat tanpa bahan kimia.

Penutup

Sudah tau kan apasaja masakan atau makan ringan dari Kota Pasuruan. Bukan hanya itu masih ada banyak lagi yang belum saya ketahui. Pastinya anda bisa lebih tau apa saja kuliner dari kota basar ini. lebih baiknyalagi anda dapat berkunjung ke daerah asalnya. Agar bisa melihat dan merasakan khas dari traditional maskan daerah.Sekali lagi, kita sebagai orang indonesia wajib untuk mempopularitas atau melestarikan budaya kuliner traditional. Agar tidak terjadinya kepunahan dari maskan atau minuman maupun camilan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kuliner khas pasuruan jawa timur tradisional"

Post a Comment