Makanan khas kota madiun Jawa Timur

Madiun adalah sebuah kota damai terletak di provinsi jawa timur. Kota madiun bisa juga disebut kota kaya akan budaya pencak silat. Selain kota kelahiran dari pencak silat kota ini juga memiliki makanan kuliner khas tradisional yang terkenal lezat dan sedap. Beberapa orang mampir di kota madiun memcicipi masakan khas yang menggoda mata. Ada pula jajanan oleh oleh yang terasa akan tradisional pembuatan.

Beragam cita masakan jajanan maupun minuman tradisional terdapat pada kota pencak kelahiran pencak silat besar ini. Terasa dari nikmatnya ala masakan kota madiun yang terbuat dari tangan manual. Akan mampu menggoyangkan lidah anda dan merasa ingin merasakan kembali.
Pecel-khas-madiun
Pecel-khas-madiun
Makanan khas madiun, Dalam pembahasan ini saya akan membahas dari makanan atau jajanan terpopuler saja. Selebihnya anda dapat mengertahui lebih lanjut. Tidak ada salahnya kita mengetahui tentang kuliner yang ada pada kota madiun ini. melestarikan budaya tradisional adalah sebuah hal wajib bagi kita para warga negara indonesia.

Nasi Pecel khas madiun

Sudah pada tau kan apa itu pecel. Di provincy jawa timur maupun di seluruh indinesia sangatlah banyak terdapat macam pecel yang ada. Termasuk kota madiun yang menyajikan makanan kuliner khas kota tersebut termasuk yaitu nasi pecel. Berbeda dengan pecel dari kota lain, pecel madiun mempunyai citra rasa yang khas dan pastinya nikmat.
Pecel-khas-madiun
Pecel khas madiun
Pecel madiun ini terasa sedikit pedas gurih dan pastinya akan menggoyang lidah anda. Dari berbagai macam pecel yang tersaji di nusantara pecel yang satu ini lebih nice lo. Bahan dasar dari pecel madiun adalah : kacang, gula merah dan kencur. Kemudian akan diolah dan dikeraskan selesai akan dijual ke seluruh penjuru kota sekitar.

Kalian dapat membeli bumbu pecel dengan harga super murah mulai dari Rp. 3.000,00 sampai Rp. 5.000,00 perbungkus. Harga sesuai dengan ukuran pecel tersebut. Anda juga dapat membeli nasi pecel mulai dari harga Rp. 5.000,00 sampai Rp. 15.000,00. Untuk tempat pembelian kalian langsung ke kota Pasuruan.

Jajanan brem

Sepertinya Makanan ringan yang satu ini hanya ada pada pasuruan jawa timur saja. Brem merupakan jajanan nikmat yang sering anda temui di sekitar kota madiun. Dan ini dalah jajanan yang bercita rasa mint berwarna kuning sedikit keputian. Sangat cocok untuk oleh oleh dari kota kelahiran pencak silat bagi keluarga kalian.
Jajanan brem khas madiun
Brem dibuat dengan bentuk kotak panjang maupun pendek. Beberapa macam brem yang di kirim keluar kota dengan harga yang bervariasi. Brem ini berbahan dasar dari Tepe yang di biarkan sekitar beberapa waktu. Kemudian di bungkus rapi dan jajanan ini siap dijual.

Harga yang dipatok super bersahabat, berkisar Rp.5.000,00 perbungkus mini. Terdapat sangat banyak di sekitar kota jawa timur. Tepatnya di lokasi wisata Religi dan pasar desa. Jika kalian jalan jalan ke kota madiun, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang satu ini.

Madumongso ketan hitam

Makanan ringan yang satu ini juga unik loh yang dibuat dengan cirikhas traditional. Dari nama makanan ini pastinya anda akan berfikir bahwa makanan ini tidak terlalu populer di kota lain. Tidak seperti jajanan brem, Madumongso sekarang hampir tidak dikenal.
Madumongso ketan hitam
Madumongso ketan hitam
Berbentik panjang menyerupai dodol tetapi yang satu ini berbeda. Berbahan dasar seperti namanya yaitu ketan hitam yang di olah kemudian dibungkus dengan kertas minyak tipis berwarna warni. Beragam macam warna yang disajikan akan semakin menari perhatian.

Harga Madumongso sangatlah murah berkisaran Rp. 1.000,00 – Rp. 5.000,00. Sangat banyak ditemukan di daerah perdesaan kota Pasuruan. Banyak para warga setempat tidak mengerti apa itu jajan Madumongso. Nah, dari sinilah kita wajib melestarikannya.

Jajanan Emping garut

Dalam bahasa indonesia emping bisa disebuat Keping atau biji berbentuk lembaran tipis. Emping garut berwanah kunig sedikit coklat. Beberpenampilan seperti kripik tapi sedikit tebal. Kepingan berukuran uang logam dan berketebalan tipis renyah dan gurih lezat.
Jajanan Emping garut
Jajanan Emping garut
Tradisional makanan ringan ini berbahan dasar dari umbi umbian. Proses yang di buat adalah dengan cara ditumbuk kemudian di fermentasi selama beberapa jam. Setelah pengolahan selesai kemudian akan di keringkan. Setelah emping kering akan dimasukan di wajan kemudian digoreng kering renyah.

Harga dari maknan ini dapat anda jangakau yang berkisar dari Rp.5000,00 – 10.000,00an. Dapat sangat banyak anda temukan di daerah warga lereng gunung di pasuruan. Dan juga terdapat banyak di kota sekitar seperti malang dan mblitar atau mudahnya anda langsung ke kota Pasuruan.

Penutup :

Makanan khas kota madiun, Budaya tradisional perlu kita lesatarikan termasuk budaya kuliner. Ada beberapa macam macam budaya dari indonesia. Dan kita perlu untuk mengetahuinya supaya budaya tersebut tidak punah. Damikian dengan masakan khas di kota anda yang harus anda ketahui. Kembangkanlah dan kombinasi, ciptakan rasa baru ala tradisional makanan indonesia. Kalau bisa perkenalkan ke seluruh dunia bahwa indonesia kaya akan budaya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan khas kota madiun Jawa Timur"

Post a Comment